TNI AL Tangkap Kapal Pengangkut TKI Ilegal


Rabu,17 Mei 2017 - 02:03:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BATAM, HALUAN - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV Satgas Barelang 17 mengamankan sebuah kapal berisi 14 TKI dan dua ABK yang hendak pulang ke Indonesia melalui jalur ilegal.
Danlantamal IV Tanjungpinang Kolonel R Eko Suyatno di Batuampar, Batam, Kepulauan Riau, Selasa, mengatakan penangkapan itu dilakukan Tim WFQR IV Satgas Barelang 17 bekerja sama dengan Lanal Tanjung Balai Karimun.
"Penangkapan boat fiber berisi 14 TKI dan ABK termasuk tekong dilakukan pada 13 Mei saat kapal tersebut masuk wilayah Leho, Karimun. Kapal tersebut dari Pontian, Malaysia," katanya.
Penangkapan tersebut berdasarkan informasi dan diindaklanjuti oleh petugas yang bergerak cepat melaksanakan operasi hingga akhirnya berhasil menangkap kapal boat fiber pada posisi 01° 02' 821" U - 103° 26' 117" T.
Eko mengatakan boat fiber tanpa nama bermesin 40 PK dengan tekong berinisial A (44) asal Teluk Uma Leho dan ABK yang berinisial B (33) keduanya merupakan warga kabupaten Karimun.

Sebanyak 14 TKI di dalamnya selama perjalanan dengan posisi terbaring ditutupi dengan terpal berwarna hijau untuk mengelabui pantauan petugas.
"Dalam pemeriksaan ternyata keduanya positif menggunakan narkoba jenis sabu-sabu dan inex. Hal tersebut berdasarkan tes urine yang dilakukan kepada keduanya," kata dia.
Dua pelaku dan TKI yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Teluk Umah  Karimun, Cianjur, Sumedang Jawa Barat, Palembang, Jambi dan Nusa Tenggara Barat akhirnya dibawa ke Kantor Lanal Karimun untuk pemeriksaan lebih lanjut.
"Upaya penyeludupan TKI yang bekerja di Malaysia kembali ke Indonesia secara sembunyi-sembunyi sudah diprediksi sebelumnya. Biasanya menjelang masuknya Ramadhan banyak kegiatan-kegiatan illegal seperti ini dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab membawa TKI kembali masuk ke Indonesia," kata Eko.
Sindikat yang biasa membawa pulang TKI secara ilegal, kata dia, tidak pernah kehabisan akal dan hal ini terkadang menuai petaka kecelakaan dilaut karena kelebihan penumpang ataupun cuaca buruk.
"Hal ini sudah berulang kali terjadi di wilayah kepulauan Riau bahkan menelan puluhan koban," kata dia.
Eko mengatakan pihaknya akan memperketat pengawasan dengan meningkatkan patroli guna mencegah terjadinya pengiriman TKI secara ilegal dan penyelundupan narkoba. (hk)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,11 November 2016 - 00:21:48 WIB

    Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai, TNI Ambil Bagian

    SIAK, HALUAN — Koramil 09/Minas Siak, Riau memfasilitasi pembebasan lahan warga setempat yang terkena pembangun jalan tol Pekanbaru-Dumai. .
  • Jumat,14 Oktober 2016 - 01:12:20 WIB

    Oknum Diduga TNI dan Lima Wanita Terjaring Razia

    Oknum Diduga TNI dan Lima Wanita Terjaring Razia PEKANBARU, HALUAN — Oknum diduga TNI terjaring razia yang digelar Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, Satpol PP Riau dan Polisi Militer (POM) di salah satu kos kawasan Jondul, Kota Pekan­baru, Riau.
  • Rabu,24 Agustus 2016 - 04:52:31 WIB
    Sekujur Tubuh Pratu Wahyudi Terbakar

    Prajurit TNI Hilang Usai Padamkan Api Ditemukan Tewas

    Prajurit TNI Hilang Usai Padamkan Api Ditemukan Tewas PEKANBARU, HALUAN — Pratu Wahyudi anggota TNI AD yang hilang sejak usai bertugas memadamkan api di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau, Rabu (23/8), ditemukan sudah mening­gal. Saat ditemukan, tubuh korban dipenuhi luka bak.
  • Kamis,11 Agustus 2016 - 03:36:25 WIB

    TNI Siap Bantu Tuntaskan Terorisme

    BARELANG, HALUAN — Tertangkapnya 5 orang warga Batam, yang terduga separatis terorisme yang juga diketahui kelompoknya Bahrun Naim, yang melakukan pengeboman di Mapolresta Solo, jajaran pihak resort militer 033 Wira Pratama.
  • Senin,11 April 2016 - 04:48:27 WIB

    TNI AU Tambah F-16 di Pekanbaru

    PEKANBARU, HALUAN — Pangkalan Udara Roes­min Nurjadin Pekanbaru akan meng­ope­rasikan sejumlah pesawat F16 pada tahun 2017 mendatang. Saat ini, proses keda­tangan pesawat F16 untuk melengkapi alat utama sistem persenjat.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM