Sungai Mengering, PDAM Padang Krisis Bahan Baku


Rabu,14 Juni 2017 - 22:52:24 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sungai Mengering, PDAM Padang Krisis Bahan Baku Seorang petugas melihat kondisi intake PDAM yang kering. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang mengalami krisis bahan baku sumber air.

 

Hal tersebut karena minimnya debit air sungai di kawasan intake (sumber bahan baku). Akibatnya, pelayanan air bersih kepada pelanggan PDAM terganggu.

 

“Kami mohon maaf atas gangguan pelayanan ini, karena ada di beberapa kawasan distribusi terhenti. Ini disebabkan murni gangguan kekeringan di kawasan intake, sehingga produksi air bersih di IPA tak maksimal,” kata Sekretaris Perusahaan PDAM Kota Padang, Alfitra kepada wartawan, kemarin (14/6).

 

Menurutnya, minimnya debit air di sungai-sungai besar merupakan dampak dari musim panas yang melanda Kota Padang. Pascacurah hujan yang tinggi dua pekan lalu, Kota Padang dilanda musim kemarau dengan suhu udara yang cukup panas. Kondisi ini menyebabkan sungai-sungai besar yang menjadi sumber air IPA PDAM mengalami kekeringan.

 

Dengan kondisi demikian, lanjut Alfitra, PDAM Kota Padang yang dipimpin langsung jajaran Direksi terus berupaya mengatasi kirisis bahan baku tersebut.

 

“Kami akan optimalkan kinerja pompa pada intake untuk menaikan air baku ini, sehingga IPA bisa beroperasi. Namun jika, kemarau masih panjang dan debit air sungai makin krisis, kita akan atur pembagian pelayanan. Namun mudah-mudahan krisis debit air ini tidak berlangsung lama,” harapnya.

 

Salah seorang pelanggan PDAM di Lubuk Buaya, Silvia mengeluhkan matinya air PDAM, karena sangat menganggu kebutuhan rumahtangga.

 

“Air itu kebutuhan primer, apalagi saat bulan puasa ini. Kalau  air PDAM mati, kami kewalahan, tak bisa berbuat apa-apa. Untuk mandi dan kebutuhan lainnya. Mudahan jajaran PDAM bisa segera mencarikan solusinya,” harap ibu rumahtangga yang juga wanita karir ini. (h/vid)

 

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,03 April 2017 - 11:10:01 WIB

    Abrasi Ancam Warga Sungai Pisang

    Abrasi Ancam Warga Sungai Pisang PADANG,HALUAN—Selain akses jalan yang rusak parah sehingga sulit untuk dilalui, warga Kelurahan Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung juga mengeluhkan abrasi pantai. .
  • Kamis,24 November 2016 - 00:59:26 WIB

    CSR Blue Bird Sasar Warga Sungai Sapih

    CSR Blue Bird Sasar Warga Sungai Sapih PADANG, HALUAN — Perusahaan taksi Blue Bird Group Padang kembali mela­kukan kegiatan Corporate So­cial Responsibility (CSR), be­rupa tong sampah terpilah untuk masyarakat Sungai Sapih, Kuranji. Bantuan itu sendiri, langs.
  • Rabu,23 November 2016 - 01:16:58 WIB

    KAN Teluk Kabung Warning Masyarakat Sungai Pisang, ‘Batalkan Kontrak Pulau Sironjong’

    PADANG, HALUAN — Kerapatan Adat Nagari (KAN) Teluk Kabung mengeluarkan ultimatum kepada tokoh masyarakat Sungai Pisang agar membatalkan kontrak Pulau Sironjong dengan PT Dempo. Dalam kon­trak yang telah disepakati tanggal .
  • Kamis,20 Oktober 2016 - 03:24:41 WIB

    Tanah Pinggir Sungai Abrasi, Rumah Warga Terancam Ambruk

    Tanah Pinggir Sungai Abrasi, Rumah Warga Terancam Ambruk PADANG, HALUAN—Sungai Gurun Panjang, Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji Kota Padang mengalami abrasi atau pengikisan dibagian kiri dan kanan sungai. Keadaan ini semakin diperparah dengan hujan hingga aliran air di su.
  • Selasa,13 September 2016 - 03:20:49 WIB

    Sambut Idul Adha, Warga Sungai Bangek ‘Malamang’

    Sambut Idul Adha, Warga Sungai Bangek ‘Malamang’ Padang, Haluan—Ma­syarakat Sungai Bangek Keca­matan Koto Tangah Padang, menjalankan tradisi “mala­mang” dalam me­nyam­but Hari Raya Idul Adha, Senin (12/9). Tradisi ini telah turun temurun dari dulu hingga sekarang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM