Tertibkan Pengemis, DPRD Minta Satpol PP dan Dinsos Bekerja


Kamis,15 Juni 2017 - 11:38:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tertibkan Pengemis, DPRD Minta Satpol PP dan Dinsos Bekerja Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang untuk mulai memperhatikan masalah anak jalanan, gelandangan, dan pengemis yang mulai menjamur menjelang Lebaran. 

 

Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Amrizal Hadi, Rabu (14/6), mengatakan, keberadaan pengemis dan anak jalanan di jalan-jalan  mulai marak. "Kami juga menyadari mereka juga manusia, di bulan berkah ini meskipun Kota Padang punya Perda agar tindakan tak terlalu represif," katanya.  

 

Senada, Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Dewi Susanti, mengatakan, maraknya pengemis menjelang hari raya karena disebabkan desakan ekonomi. "Anjal dan gepeng rutin tiap jelang Lebaran. Setelah ditindak tetapi balik lagi, ini bertambah biasa dengan modus cari THR, cari berkah dari orang – orang yang puasa," tuturnya.

 

Ia  meminta, agar masyarakat menaati Perda Ketertiban Umum untuk tidak memberikan uang di jalan kepada gepeng dan anjal.  Ia menyadari, sosialisasi belum berjalan efektif. "Kami imbau masyarakat, agar tak berikan uang di jalan.

 

Menurut salah seorang warga Kota Padang Herman (55), selain di permukiman, pengemis yang sebagian besar tergolong anak-anak itu juga marak berkeliaran di jalan raya terutama perempatan lampu merah.

 

"Hampir di setiap perempatan lampu merah, dijumpai anak-anak yang mengetuk jendela mobil untuk meminta uang dan mereka tidak mau pergi sebelum diberi uang," katanya.

 

Dikatakannya, kondisi tersebut, sangat meresahkan dan perlu diambil tindakan tegas oleh aparat pemerintah yang berwenang untuk penertiban pengemis dan gelandangan di jalan dan tempat umum.(h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,05 Juli 2017 - 12:55:50 WIB

    Berjualan Diparkiran, Puluhan Pedagang Pasar Lubuk Buaya Ditertibkan

    Berjualan Diparkiran, Puluhan Pedagang Pasar Lubuk Buaya Ditertibkan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 20 pedagang dan delapan mobil bak yang digunakan untuk berjualan di Pasar Lubuk Buaya Padang ditertibkan oleh petugas, Selasa (4/7). Petugas yang tergabung di dalam tim terpadu diantarany.
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:58:23 WIB
    JUALAN MENGGUNAKAN MOBIL

    14 Pedagang Ditertibkan

    14 Pedagang Ditertibkan PADANG, HALUAN - Dinas Perdagangan Kota Padang menertibkan 14 pedagang bandel di Pasar Lubuk Buaya, Kamis (4/5). Belasan pedagang tersebut ditertibkan karena tertangkap tangan berjualan menggunakan mobil di pelataran parkir p.
  • Kamis,20 April 2017 - 15:23:00 WIB

    Sempat Booming, Penyewaan Sepatu Roda di Pantai akan Ditertibkan

    Sempat Booming, Penyewaan Sepatu Roda di Pantai akan Ditertibkan PADANG, HALUAN - Penertiban kawasan Pantai Cimpago menjadi prioritas aparat terkait menyusul mulai maraknya pedagang yang menempati lokasi di luar ketentuan. Bahkan di sepanjang sisi pedistrian yang baru juga jadi tempat akt.
  • Senin,20 Maret 2017 - 19:39:18 WIB

    Pemko akan Tertibkan Pengelolaan Pulau-pulau di Padang

    PADANG, HALUAN - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, menyampaikan soal pulau-pulau yang tidak mempunyai izin akan segera ditertibkan. Saat ini, beberapa pihak terkait sedang mencari alamat pengelo.
  • Sabtu,24 Desember 2016 - 00:57:49 WIB

    Selama Tahun 2016, Satpol PP Tertibkan 365 Anjal

    PADANG, HALUAN — Sebanyak 365 anak jalanan (anjal) yang ditertibkan Satpol PP Kota Padang selama tahun 2016 sudah diserahkan ke Dinas Sosial. Melalui Dinas Sosial, ratusan anjal tersebut sudah diserahkan ke panti sosial, pa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM