Jelang Lebaran, Puskesmas dan BPBD Pasaman Siaga 24 jam


Sabtu,17 Juni 2017 - 01:01:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jelang Lebaran, Puskesmas dan BPBD Pasaman Siaga 24 jam Ilustasi/Haluan

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kepolisian Resort (Polres) Pasaman gelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pelaksanaan operasi Ramadniya Singgalang 2017. Operasi ini dilaksanakan pada H-6 sebelum lebaran, selama 15 hari ke depan, 19 Juni-4 Juli 2017.

Tiga pos pengamanan akan didirikan, yakni di Tugu Equator Bonjol, kawasan objek wisata Rimbo Panti serta satu pos pelayanan (pantau) di Pasar Lama Lubuksikaping. Untuk apel gelar pasukan akan digelar pada Senin (19/6) nanti.

Bertempat di Mapolres setempat. Rakor dipimpin langsung oleh Wakil Kapolres, Kompol Cipto Harjono. Turut hadir, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Ketua DPRD setempat Yasri, Kabag Ops Kompol Syahrul Chan, sejumlah kepala OPD terkait, para Kabag, Kapolsek dan organisasi lainnya. 

Pada rakor itu, Wakapolres Pasaman, Kompol Cipto Harjono lebih menyoroti masih banyaknya tumpukan material proyek disejumlah titik diruas jalan nasional di daerah itu. Kondisi itu, kata dia, sangat menggangu kelancaran arus mudik nantinya. 

"Disini, kita menyorot masalah jalan. Kepada Dinas PUTR, kami meminta material-material proyek yang bertumpuk dan menutup badan jalan seperti di Tanjung Aro, Lubuk Torop, Nagari Bahagia,  Kecamatan Padanggelugur dan Tanjung Medan, Panti, agar segera dibersihkan. Itu akan sangat menganggu saat arus mudik nanti," tukas Cipto. 

Ia pun memberikan tenggat waktu kepada pihak PU untuk segera berkoordinasi dengan pihak pelaksana kegiatan agar mempercepat penyelesaian pekerjaan pembangunan drainase jalan tersebut, agar tidak menganggu arus lalulintas saat arus mudik tiba.

"Mohon Dinas PUTR, ini segera ditindaklanjuti. Minimal pada H-1 seluruh material itu sudah steril dan tidak menutup badan jalan. Ini sangat rawan jika tidak dibersihkan," pungkasnya. 

Selain itu, pihak BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang, juga diminta menyiagakan sejumlah personel, mesin pemotong termasuk alat berat dilokasi rawan bencana. Untuk antisipasi bencana tanah longsor maupun pohon tumbang. 

Kompol Cipto juga meminta, pengelola SPBU lebih mengutamakan pelayanan kepada para pemudik, untuk menghindari terjadinya penumpukan kenderaan ditiap SPBU.

"Jadi kami mohon kerjasama semua pemilik SPBU. Jangan mengutamakan pelayanan pengisian bahan bakar kepada jeriken. Tapi mobil, khususnya para pemudik," katanya.

Sementara Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meminta sejumlah OPD yang terlibat pada operasi Ramadniya itu agar mengikutinya dengan serius. Meski pada 23 Juni-3 Juli 2017 nanti adalah masa libur nasional. 

"Saya meminta pihak yang terkait, seperti Dishub, Pol PP, Dinas Kesehatan dan PU, untuk betul-betul melaksanakan kegiatan itu dengan serius. Masyarakat kita harus dilayani, demikian pula pelayanan bagi para pemudik dan perantau," ujarnya. 

Ia juga meminta, petugas BPBD dan PU siaga 24 jam. Tiga alat berat, kata dia, harus disiagakan di tiga posko tersebut, khususnya di Bonjol, Lubuksikaping dan Panti. Sehingga memudahkan penanganan jika sewaktu-waktu bencana tanah longsor maupun pohon tumbang terjadi. 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,21 Juni 2017 - 11:46:04 WIB

    Menjelang Idulfitri 1438, Waspada Uang Palsu

    Menjelang Idulfitri 1438, Waspada Uang Palsu PADANG, HARIANHALUAN.COM – Menjelang Hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah, transaksi keuangan dipastikan meningkat. Polres Pasaman Barat (Pasbar) dan Bank Indonesia perwakilan Sumbar mengingatkan warga agar mewaspadai peredara.
  • Senin,19 Juni 2017 - 21:12:59 WIB

    Kapolres Pessel Imbau Pengendara Waspada Jelang Arus Mudik

    Kapolres Pessel Imbau Pengendara Waspada Jelang Arus Mudik PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah kendaraan, baik roda dua, maupun roda empat, pada arus mudik lebaran pada H-7 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), sudah mulai terlihat padat. Namun, karena kondisi cuaca yang tidak menen.
  • Jumat,09 Juni 2017 - 11:53:42 WIB

    Jelang Lebaran, Kenaikan Tiket Hendaknya Dibatasi

    Jelang Lebaran, Kenaikan Tiket Hendaknya Dibatasi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Supardi berharap tak ada kenaikan harga tiket pesawat yang terlalu tinggi saat mudik Lebaran 1438 Hijriah..
  • Kamis,08 Juni 2017 - 11:50:39 WIB

    Jelang Lebaran, Angkot di Sawahlunto Ini Diperiksa Dishub

    Jelang Lebaran, Angkot di Sawahlunto Ini Diperiksa Dishub SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sawahlunto melakukan pemeriksaan kelayakan sarana transportasi kendaraan angkutan umum khususnya angkutan kota (angkot) di terminal Kota Arang Pasar Remaja, Rabu .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM