Pulau Suwarnadwipa Belum Kantongi Izin


Minggu,18 Juni 2017 - 21:07:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pulau Suwarnadwipa Belum Kantongi Izin Sejumlah pengunjung sedang berpose di landmark Pulau Suwarnadwipa. Kredit Foto: wisatapulausumaterabarat.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang Medi Iswandi mengatakan, Pulau Suwarnadwipa belum mengantongi izin.

 

Dikatakan Medi jika ia melakukan aktivitas yang melanggar tentunya harus segera diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Mereka juga belum punya izin ke Pemko Padang, diproses saja sesuai aturan yang berlaku. Orang yang melanggar aturan dan merusak lingkungan tentu diproses sesuai aturan yang ada,”ujarnya kepada Haluan, Minggu (18/6).

 

Dikatakan Medi, seharusnya pengelola pulau harus memiliki izin. Ada proses izin yang harus dilalui oleh pengelola. Pertama, izin prinsip karena kewenangan kelautan mulai tahun 2017 ini menjadi kewenangan provinsi maka izin diajukan ke provinsi.

 

Kedua, jika mendirikan bangunan harus ada IMB (kewenangan pemda Kota Padang). Ketiga, izin amdal atau izin lingkungan ke dinas kebersihan dan lingkungan hidup Kota Padang. Lalu, keempat izin ganguan ke dinas perizinan dan pelayanan satu pintu Kota Padang. Kemudian, Tanda Daftar Usaha Pariwisata (izin operasionalnya), ke dinas perizinan dan pelayanan satu pintu Kota Padang. 

 

“Setau saya, pengelola pulau belum mengantongi izin-izin tersebut,” ujar Medi.

 

Disebutkan Medi, meskipun pengunjung banyak datang ke pulau Suwarnadwipa. Namun, tidak mendatangkan manfaat bagi pembangunan Kota Padang. Karena pulau tersebut tidak membayar pajak dan tidak menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD).

 

“Kami tidak memperoleh apapun dari aktivitas wisata di pulau tersebut. Sebab tidak ada yang yang membayar pajak,” ujar Medi. (h/mg-mel)

 

 

Editor: Rivo Septi Andries

 

*Harianhaluan.com masih melakukan verifikasi terhadap berita ini* 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
Baca Juga Topik #Nasib Mandeh

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM