Bagi Pemudik, Hati-Hati Melewati Jalinsum di Dharmasraya, Ini Alasannya


Minggu,18 Juni 2017 - 23:59:14 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bagi Pemudik, Hati-Hati Melewati Jalinsum di Dharmasraya, Ini Alasannya Akan titik jalan yang ditimbun menggunakan sirtu di Jalinsum Gunung Medan, namun jalan itu tidak akan bertahan lama, selain itu debu beterbangan. Maryadi

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM—Bagi pengendara terutama pemudik yang melewati jalur lintas sumatera di Dharmasraya mesti hati-hati.

Hal tersebut dikarenakan jalur yang menghubungkan sumbar dengan sejumlah provinsi tersebut masih rusak dan berlubang.

Pantauan Harianhaluan.com dilapangan Minggu (18/06), beberapa titik terparah di jalur itu sudah dilakukan penambalan. Namun, bukan memakai aspal hotmix, melainkan memakai pasir dan batu (sirtu).

Diketahui jalan nasional itu dilintasi mobil berat. Dan disaat hujan maka sirtu tadi akan keluar dari lobang dan berserakan. Di salah satu lokasi yang parah berada di Gunung Medan.

"Saya heran, jarak lobang yang satu dengan lobang yang lain tidak jauh, tetapi satu ditambal dan satu lagi tidak,"ucap salah seorang warga Gunung Medan, Loly (46), kepada Haluan.
 

Menurutnya khusus di Gunung Medan, ada tiga titik jalan yang berbahaya, simpang empat Gunung Medan, dibawah Bukit Gunung Medan dua titik."Dua titik di bawah Bukit Gunung Medan lubangnya cukup dalam dan berbahaya bagi pengendara.
 

Titik lainnya di Koto Baru juga sangat menganggu pemudik yang melintas pada libur lebaran tahun ini.
 

Salah seorang pemudik dari Bogor, Wandi yang sempat ditanya Haluan disalah satu rumah makan di Gunung Medan, mengaku kecewa dengan rusaknya jalan lintas di Sumbar.

Karena katanya, biasanya ia setiap pulang lewat darat, dimana saja pasti jalan sudah diperbaiki. Namun, tahun ini khusus di Sumbar hal itu tidak ia temukan .

Perantau Minang ini berharap, hal ini jangan sampai terjadi lagi, pasalnya buruknya jalan di Sumbar akan menjadi perbincangan, baik di lampung maupun di rantau nantinya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dharmasraya, Bobby, kepada wartawan mengatakan, untuk antisipasi agar tidak terjadi kecelakaan, ia akan memasang spanduk pemberitahuan bahwa kondisi Jalinsum rusak atau banyak lobang.

"Saya sebagai Kepala Dishub, hanya itu upaya yang dapat dilakukan karena hal itu merupakan domainnya PU," ucap Alumni STPDN ini.
 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM