Berlebaran di Padang, Bagaimana Kualitas Sinyalnya, Ini Penjelasan BRTI


Senin,19 Juni 2017 - 17:43:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Berlebaran di Padang, Bagaimana Kualitas Sinyalnya, Ini Penjelasan BRTI Ilustasi tower/ tagorscorner.blogspot

PADANG, HARIANHALUAN.COM— – Menjelang datangnya Hari Raya Idulfitri 1438 H, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memastikan kesiapan jaringan operator telekomunikasi dalam mengantisipasi potensi peningkatan serta pergerakan trafik, khususnya selama arusmudik, hariraya, dan arus balik lebaran.

 

Pemaparan ini disampaikan oleh Komisioner BRTI, Muhammad Imam Nashiruddin pada siaran pers BRTI,Minggu (18/6).

 

“Ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka pemaparan public mengenai evaluasi kesiapan operator dan antisipasi yang perlu dilakukan terkait adanya potensi peningkatan dan pergerakan trafik saat arus mudik, lebaran, dan arus balik lebaran tahun 2017. Jaringan telekomunikasi harus dipastikan mampu menampung kapasitas dan melayani mobilitas masyarakat Indonesia yang akan mudik” ujar Imam.

 

Pengujian kesiapan jaringan telekomunikasi dilaksanakan sepanjang Mei 2017 lalu serentak di 10 Kota di Indonesia meliputi titik keberangkatan mudik di Jakarta, Batam, Balikpapan, jalur utama mudik di pulau Jawa antara lain kereta api jalur utara maupun selatan dan jalur darat kearah barat yaitu Jakarta-Lampung dan Jalur darat ke arah timur yaitu Jakarta hingga Semarang,  serta berbagai kota besar yang diperkirakan akan menjadi kota kedatangan mudik nasional yaitu  Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Lampung, Semarang dan Padang.

 

Untuk Kota Padang diperkirakan akan menjadi salah satu titik utama kedatangan mudik nasional karena cukup banyak warga Padang yang tinggal di Jakarta serta di kota dan pulau lainnya. Selain Padang juga menjadi kota transit mudik dengan tujuan Sumatera Barat dan sekitarnya.

 

Mudik sendiri merupakan ritual rutin bagi masyarakat Indonesia yang ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar tercinta di kampung halaman.

Pengujian jaringan telekomunikasi seluler dilakukan terhadap 4 hal yaitu pertama, uji kualitas layanan telepon seperti tingkat keberhasilan panggil, kegagalan panggilan, kualitas suara serta lama waktu sambung.

 

Kedua, uji kualitas layanan SMS dengan menggunakan parameter uji seperti tingkat keberhasilan pengiriman dan lama pengiriman SMS. Ketiga, uji kualitas Layanan Mobile Internet diuji dengan menggunakan parameter seperti kecepatan rata-rata unduh, tingkat keberhasilan unduh serta Keempat, uji kualitas cakupan mobilitas dengan menggunakan parameter kualitas sinyal seluler di sepanjang rute jalan-jalan utama di kota.

 

Pengujian kesiapanjaringan operator telekomunikasi di Padang dilakukan menggunakan metode static testpadatitik-titik yang diperkirakan menjad kedatangan mudik antara lain Bandara Minangkabau untuk Moda Pesawat Terbang, Terminal Bus ALS untuk Moda Angkutan Darat serta Pelabuhan Teluk Bayur dan Pelabuhan Muaro Padang untuk Moda Angkutan Laut. 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM