Blangko Sudah Tersedia, Ganti Suket dengan KTP Elektronik


Kamis,13 Juli 2017 - 10:36:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Blangko Sudah Tersedia, Ganti Suket dengan KTP Elektronik E KTP

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Warga Kota Padang yang memiliki surat keterangan (Suket) pengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) agar segera mengurus di kecamatan untuk penertiban KTP-el. Pencetakan kartu penduduk tersebut tidak ada masalah lagi di Disdukcapil.

 Hal itu disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Kota Padang, Wedistar kepada Haluan, Rabu (12/7).

 "Saat ini tidak ada masalah lagi pencetakan KTP-el. Jaringan, tinta print dan blangko sudah tersedia. Jadi warga yang memiliki Suket agar mengurus pencetakan KTP-el," harap Wedistar didampingi Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Mulfieda Yenti di kantor Disdukcapil Jalan Sudirman.

 Disebutkan Wedistar, Pengurusan Suket sampai pencetakan KTP-e tidak dipungut bayaran alias gratis. Bila ada petugas Disdukcapil yang meminta uang tip untuk melancarkan urusan penerbitan kartu penduduk itu, Wedistar tidak segan-segan memecat.

 "Jika ada petugas saya yang meminta bayaran kepada warga saat berurusan, akan saya pecat," ujarnya.

 Tapi bila ada oknum kecamatan atau kelurahan yang meminta bayaran ketika masyarakat berurusan administrasi kependudukan, penindakannya diserahkan ke camat bersangkutan.

 “Jika terjadi pungli di kecamatan atau kelurahan tentunya itu bukan menjadi tanggung jawab dari dinas. Perlunya pengawasan dan ketegasan dari camat untuk menindaklanjuti oknum yang nakal,”katanya.

 Disdukcapil menerbitkan Suket sebagai pengganti KTP-e pada pemohon ketika blangko KTP-el habis pada September 2016. Ada 51 ribu warga yang memegang Suket di 11 kecamatan. Dari sebanyak itu hanya 5 ribu sudah mengurus untuk pencetakan KTP-e.

 "Jadi kami mengimbau kepada warga memegang Suket itu segera mengurus ke kecamatan untuk mencetak KTP-el-nya," ucapnya.

 Pengurusan KTP-el Disdukcapil telah dilimpahkan ke kecamatan. Lama pengurusannya untuk manual satu hari, sedangkan jika mengurus lewat online hanya butuh waktu setengah hari.

 “Kami tegaskan pengurusan hanya 1x24 jam. Tidak ada berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu. Petugas kami setiap hari datang ke kecamatan untuk menjemput data warga yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan,”ujarnya.

 Dikatakan Wedistar, pemindahan pengurusan administrasi kependudukan ke kecamatan berdasarkan perintah Sekda melalui selebaran tertanggal 3 April 2017. Isinya, mempercepat dan mempermudah masyarakat pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil dilaksanakan melalui kecamatan diselesaikan waktu 24 jam.

 Pelayanan online (http://dukcapilonline.padang.go.id:8085) dilaksanakan dengan lebih cepat dan dapat dilakukan dimana saja. Dokumen kependudukan dan pencatatan sipil melalui online dapat diambil setelah menerima SMS gate way. Disdukcapil melakukan pengambilan, pencetakan, menandatanganani dan mengirim kembali dokumen ke kecamatan.(h/mg-mel)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,13 Mei 2017 - 16:30:47 WIB

    20 Ribu Keping Blangko E KTP di Padang Belum Bisa Dibagikan

    20 Ribu Keping Blangko E KTP di Padang Belum Bisa Dibagikan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Hampir sebulan lalu Pemerintah Kota Padang mendapatkan 20 ribu keping blangko elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, saat ini masih terkendala belu.
  • Kamis,25 Agustus 2016 - 04:41:05 WIB

    Dukcapil Kekurangan Blangko, Sehari Hanya Cetak 60 E-KTP

    Dukcapil Kekurangan Blangko, Sehari Hanya Cetak 60 E-KTP PADANG, HALUAN — Sejak beberapa waktu lalu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Padang kekurangan blangko dan tinta KTP elektronik. Hal itu menyebabkan tidak semua masyarakat mengurus bisa mendapatkan KTP e.
  • Senin,29 Juni 2015 - 18:32:12 WIB

    Pencetakan Dibatasi, Blangko KTP-el Menipis

    PADANG, HALUAN — Blangko Kartu Tanda Pen­duduk Elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengalami kekurangan. Hal ini mengakibatkan dinas terkait secepatnya menyikap.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM