KASUS PERUSAKAN KAWASAN MANDEH

Walnag Hingga Bupati Diperiksa Polda


Jumat,14 Juli 2017 - 10:50:12 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Walnag Hingga Bupati Diperiksa Polda Tim liputan Haluan menunjuk sejumlah bangunan yang berdiri di atas lawan yang telah dibabat di kawasan Mandeh, Pesisir Selatan. Selain itu, juga tampak dermaga yang disusun dari batu karang, membelah hutan bakau, TIM

“Sejak dulu penyelidik Polda Sumbar konsisten melakukan proses hukum. Sudah banyak yang diperiksa. Mulai dari walinagari, sampai ke kepala dinas, diperiksa. Saya juga” HENDRAJONI, BUPATI PESSEL.

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Diam-diam, penyelidik Subdit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar terus melakukan proses hukum kasus dugaan perusakan kawasan Mandeh. Sejumlah pejabat penting diperiksa secara maraton, termasuk Bupati Pessel, Hendrajoni. Diperkirakan, dalam waktu dekat, tersangka akan segera ditetapkan.

Informasi yang diterima Haluan, Kamis (13/7) siang, penyelidik Subdit Tipiter melakukan pemeriksaan saksi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Painan. Pejabat yang bersangkutan ditanyai sekaitan kepemilikan lahan di kawasan Mandeh, yang dirusak oknum tertentu. Hal itu dibenarkan Kasubdit Tipiter Reskrimsus Polda Sumbar, AKBP Andri Kurniawan.

“Hari ini (kemarin-red), pejabat BPN Painan yang dimintai keterangan sebagai saksi, dalam kasus dugaan perusakan kawasan Mandeh, Pessel,” terang Andri Kurniawan, Kamis sore.

Dijelaskan AKBP Andri, pemeriksaan telah dilaksanakan sejak pertengahan Mei lalu. Banyak para pejabat yang sudah diperiksa, salah satunya Bupati Pessel, Hendrajoni. Orang nomor satu di Pessel itu dimintai keterangan sebagai saksi.

“Sudah banyak yang diperiksa. Bupati setempat juga telah dimintai keterangan beberapa hari yang lalu. Kalau yang lain, dilakukan secara maraton. Diperiksanya satu-satu,” ungkapnya.

Ketika ditanya, apakah sudah ada tersangka, AKBP Andri menyebutnya belum. Katanya, Proses kasus ini sekarang masih dalam tahap penyelidikan. Petugas masih dalam tahap pengumpulan data dan bukti. Jika nanti semuanya dirasa cukup, barulah dilakukan gelar perkara, dan ditentukan, siapa yang akan bertanggung jawab atas perusakan kawasan Mandeh tersebut.

“Soal tersangka, tentu ada mekanisme yang harus dilalui. Sekarang masih pengumpulan bukti,” tutur Andri.

 

Mengaku Dimintai Keterangan

 

Bupati Pessel, Hendrajoni mengakui kalau dirinya telah dimintai keterangan oleh penyelidik Polda Sumbar. “Iya, saya memang dimintai keterangan oleh penyelidik dalam kapasitas saya sebagai kepala daerah. Pemberian keterangan saya lakukan beberapa hari yang lalu,” tutur mantan perwira menengah itu.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM