DISERAHKAN MENKES NILA F MOELOEK

Walikota Ramlan Nurmatias Terima Pastika Parama


Jumat,14 Juli 2017 - 11:22:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Walikota Ramlan Nurmatias Terima Pastika Parama PENGHARGAAN—Walikota M. Ramlan Nurmatias menerima penghargaan Pastika Parama dari Menkes Nila Djuita F Moeloek, di Jakarta, Rabu (12/7). (Humas)

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Dinilai berhasil memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan pencegahan penyakit tidak menular, Walikota Bukittinggi H.Ramlan Nurmatias, menerima anugerah Pastika Parama 2017 dari Pemerintah Pusat.

Penghargaan bergengsi dalam skala nasional itu diserahkan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof Nila Djuwita Farid Moeloek pada pertemuan aliansi bupati dan walikota se-Indonesia, Rabu (12/7). Pertemuan dihelat Kemenkes di  The Alana Hotel Jl.Palagan Tentara Pelajar Kabupaten Sleman Yogyakarta  dalam rangka percepatan Pencegahan Penyakit Tidak Menular terutama yang disebabkan faktor risiko konsumsi hasil tembakau.

Pada kesempatan tersebut, Menkes Nila Djuwita F Moeloek mengapresiasi sekaligus mengajak bupati dan walikota sebagai pimpinan daerah yang telah berjuang bersama guna menyehatkan masyarakat dengan mengimplementasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk penurunan angka kematian dan kesakitan.

Pastika Parama merupakan penghargaan tertinggi tingkatannya yang diberikan kepada kepala daerah yang telah menetapkan dan mengimplementasikan Perda serta kebijakan lain terkait pengendalian konsumsi hasil tembakau. Apabila hanya sekedar peraturan daerah dan belum mengimplementasikan diberikan penghargaan Pastika Parahita dan apabila hanya dalam bentuk peraturan kepala daerah diberikan penghargaan Pastika Paramesti.

Menurut Menkes, sekitar 80 persen PTM diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, sisanya disebabkan faktor lingkungan   dan keturunan. Contoh gaya hidup tidak sehat pola makan dengan menu tidak seimbang, kurang sayur dan buah, mengonsumsi garam, gula dan lemak yang berlebihan serta diperberat dengan aktifitas fisik yang kurang dan kebiasaan buruk lainnya. Pemberian penghargaan merupakan bentuk apresiasi kepada kepala daerah bersama jajaran Pemda yang telah menunjukkan komitmen kuat dalam pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan faktor risikonya.

“Sukses kita meraih penghargaan Pastika Parama ini merupakan keberhasilan seluruh masyarakat Bukittinggi,” ujar Walikota Ramlan usai pemberian penghargaan tersebut yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Yandra Verry dan Kabag humas, Yulman.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM