Deteksi Kanker Serviks, Nevi: Guru SMA/SMK Harus Tes IVA


Jumat,14 Juli 2017 - 12:01:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Deteksi Kanker Serviks, Nevi: Guru SMA/SMK Harus Tes IVA Ketua TP PKK Sumbar Nevi Irwan Prayitno foto bersama dengan guru SMA 4 Padang saat sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dari sekian banyak jenis penyakit kanker, maka kanker serviks paling banyak  diderita kaum perempuan. Data Kemenkes menyebutkan, penderita kanker serviks sebanyak 100 kasus per 100 ribu penduduk. Tingginya angka ini antara lain disebabkan rendahnya pengetahuan dan kesadaran tentang bahaya kanker serviks.

“Kabar meninggalkan artis papan atas Indonesia beberapa waktu lalu akibat penyakit ini, telah menumbuhkan kesadaran seluruh perempuan, termasuk di Sumbar tentang pentingnya hidup sehat,” ujar Ketua TP PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno saat membuka kegiatan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks yang digelar BPJS Kesehatan, Kamis (13/7) di SMA 4 Padang.

Meski demikian, sosialisasi harus terus dilakukan dengan melibatkan stakeholder terkait. Salah satunya sosialisasi di lingkungan sekolah dengan peserta para siswa SMA. Diharapkan, mereka bisa menceritakan dan mengajak orangtuanya untuk peduli dan paham tentang bahaya kanker serviks dan kemudian memeriksakan diri.

Sedangkan untuk para guru SMA/SMK yang saat ini kewenangannya sudah di provinsi, menurut Nevi, pihaknya menargetkan 7.000 guru SMA/SMK di Sumbar harus mengikuti tes Inspeksi Visuak dengan Asam Asetat (IVA). Pemkab/Pemko diharapkan dapat menindaklanjuti untuk guru SD/SMP di daerah masing-masing.

Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan RI, melalui Kabid Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Padang, Meri Lestari menyebutkan, Deteksi Dini Kanker Serviks ini digelar dalam rangka HUT ke 49 tahun ini. Melalui kegiatan ini, BPJS Kesehatan berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, menggiatkan kembali gerakan sadar kanker serviks bagi perempuan, terutama mereka yang menjadi bagian dari kepesertaan Program JKN-KIS.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM