Berada di Madinah Jemaah Mengupayakan Shalat Arba'in (2)


Kamis,10 Agustus 2017 - 21:14:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Berada di Madinah Jemaah Mengupayakan Shalat Arba'in (2) Jufri Syahruddin

Oleh : Jufri Syahruddin

Shalat Arba'in atau shalat fardhu sebanyak 40 kali  berjamaah di Masjid Nabawi  menjadi tujuan utama para jemaah haji dari seluruh dunia selama berada di Madinah. Untuk dapat menyelesaikannya, para calhaj mesti berjuang penuh disiplin mengingat waktu tinggal di Medinah cukup singkat yakni  hanya 9 hari termasuk hari kedatangan Jumat senja (28/7).

Itu berarti hampir tidak ada waktu bagi jemaah untuk berwisata. Jika ingin keluar ziarah ke tempat bersejarah di Madinah, jemaah harus cepat kembali sebelum shalat fardhu. Kalau terlambat akan berakibat  arba'in tak tercapai. Walaupun arba'in tidak ada kaitan dengan haji, namun karena Masjid Nabawi yang dibangun Muhammad Rasulullah dan di dalam ada Raudah dan Makam Rasul, maka magnet untuk shalat di dalamnya amatlah tinggi. Hal ini juga berkaitan dengan hadist Nabi bahwa Shalat di Masjid Nabawi pahalanya 10.000 kali lipat dibanding shalat di masjid lainnya. 

Berkat bimbingan dari Ketua Kloter Zulfahmi dan Pemandu Ibadah Hendri Pani Dias para calhaj mampu membagi waktu dengan baik. Untuk bisa shalat subuh berjemaah, mereka mesti ke masjid pukul 03.00 dini hari jika ingin dapat shalat dalam masjid. Hal ini disebabkan ribuan jemaah haji berbagai negara sama2 mengejar arba'in dan berjubel ke masjid dari berbagai arah. Jalan yang tadi lebarnya 12 meter kini bagaikan jalan setapak karena "bagadincik" nya umat Muhammad berebutan menuju masjid.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM