Pintu Muara PPI Kambang Alami Pendangkalan, Nelayan Tak Bisa Berlayar


Jumat,11 Agustus 2017 - 13:27:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pintu Muara PPI Kambang Alami Pendangkalan, Nelayan Tak Bisa Berlayar Sejumlah Kapal Bagan masyarakat nelayan di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Kambang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), terpaksa urung melaut, akibat air pintu muara mengalami pendangkalan sejak enam bulan terakhir. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Puluhan kapal Besar penangkap ikan milik masyarakat nelayan di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Kambang, Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan (Pessel) urung melaut. Hal ini terjadi akibat akibat air pintu muara mengalami pendangkalan sejak enam bulan terakhir.

Hal ini diungkap Jamal (42), seorang nelayan pemilik kapal penangkap ikan yang kandas di PPI Kambang itu saat dihubungi Haluan, di Painan, Kamis (10/8).

Menurutnya, ia bersama para nelayan lainnya saat ini memang tidak melaut, dikarenakan air muara mengalami pendangkalan. Namun, ia tetap bersyukur karena di Kecamatan itu, telah dibangun PPI oleh pemerintah daerah setempat.

"Ya, keberadaan PPI Kambang dengan berbagai fasilitas yang dimiliki, memang sangat kami syukuri saat ini. Sebab, telah mampu meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan setempat. Namun, kalau air muara mengalami pendangkalan, tentu kami juga tidak bisa melaut," ungkapnya.

Menurutnya, akibat pendangkalan yang terjadi di pintu muara tersebut, membuat kapal nelayan tidak bisa bersandar ditepi dermaga. Hal itu dikarenakan, sebelum kapal sampai ke lokasi PPI, kapal nelayan banyak yang kandas, akibat berbobot besar, parahnya lagi ketika musim pasang surut.

"Kalaupun ada yang masuk ke dermaga PPI, mereka harus berlabuh pada saat air pasang naik. Kalau tidak, terpaksa harus menunggu hingga beberapa hari, kemudian baru bisa kembali turun dan melaut," jelasnya.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,03 Maret 2017 - 12:14:15 WIB

    Banjir Pangkalan, Lima Pintu PLTA Koto Panjang Bakal Dibuka

    Banjir Pangkalan, Lima Pintu PLTA Koto Panjang Bakal Dibuka LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM—Hujan deras yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota menyebabkan banjir di Kecamatan Pangkalan. Bahkan aliran sungai di wilayah Pangkalan menyebabkan waduk di PLTA Koto Panjang mengalami kenaik.
  • Kamis,03 November 2016 - 16:09:49 WIB

    Polisi di Pasbar Ini Ditemukan Tewas Tergantung di Pintu Kamar

    Polisi di Pasbar Ini Ditemukan Tewas Tergantung di Pintu Kamar PASBAR,HALUAN--Belum lama kejadian tertabraknya warga Kabupaten Pasaman Barat (pasbar) oleh mobil Kapolsek Kinali yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Polres Pasbar kembali berduka, kali ini seorang anggota Sabhara .
  • Minggu,23 Oktober 2016 - 20:33:56 WIB

    Biadab! Jasad Bayi Merah Digantung di Gagang Pintu

    Biadab! Jasad Bayi Merah Digantung di Gagang Pintu Ketika ditemukan, janin sudah tak bernyawa di dalam tas warna merah. Entah siapa orangtua yang tega melakukan perbuatan biadab tersebut. Polisi kini sedang melakukan penyelidikan. .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM