BNNK Sawahlunto Sosialiasi Pencegahan Narkoba di CV BMK


Jumat,11 Agustus 2017 - 18:21:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BNNK Sawahlunto Sosialiasi Pencegahan Narkoba di CV BMK BNNK Sawahlunto menggelar sosialisasi P4 GN kepada Karyawan tambang CV. BMK.RIKIYUHERMAN.

BNNK SAWAHLUNTO SOSIALISASIKAN BAHAYA NARKOTIKA KEPADA KARYAWAN CV. BMK

 

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Badan Narkotika Nasional Kota Sawahlunto melaksanakan  kegiatan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)  di lingkungan pekerja. Sebanyak 30 Karyawan CV. BMK yang beralamat di Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto mendapat pencerahan akan dampak bahaya laten dari narkotika tersebut.

" Karyawan perwakilan yang mengikuti sosialisasi di berikan pemahaman dan edukasi kondisi Indonesia yang sedang darurat narkoba dan ancaman bahaya narkoba serta mengajak untuk turut serta bersama mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba di Indonesimemaparkan tentang bahaya penggunaan obat-obatan terlarang dan jenis-jenis narkoba jenis baru yang saat ini tengah marak beredar luas di tengah masyarakat," ungkap Kepala BNNK Sawahlunto, Guspriadi kepada Haluan, Jumat (11/8).

Sekarang sebutnya, jenis varian narkotika  terbaru banyak beredar dengan sasaran mengelabui masyarakat dan juga petugas. Sebut saja seperti tembakau sintetesis atau biasa disebut tembakau gorilla sudah menjadi ancaman serius untuk semua kalangan, baik, pelajar, mahasiswa maupun pekerja.

Dia juga menjelaskan, efek yang ditimbulkan dari penggunaan tembakau gorilla tersebut yakni bias membuat seseorang menjadi tidak bias bergerak seperti tertindis seekor gorilla besar. Untuk itu, guna mencegah masuknya peredaran narkotika jenis baru tersebut di lingkungan pekerja. Dihimbau pentingnya menjaga lingkungan kerja yang bersih dari narkoba.

Selain itu, Guapriadi menjelaskan rehabilitasi dinilai sangat diperlukan bagi korban penyalahgunaan narkoba. Karena dengan rehabilitasi maka seseorang pecandu narkoba dapat disembuhkan.

“Penjara bukan tempat bagi seseorang pecandu, melainkan harus direhabilitasi. Saya juga mengimbau kepada pengguna atau keluarga pengguna agar segera melapor kepada BNNK Sawahlunto apabila ada keluarga yang membutuhkan pelayanan rehabilitasi tersebut,”ujarnya.

Ditambahkan Kasi Pencegahan dan pendayagunaan masyarakat BNNK Sawahlunto, Muryanto, Sebagai bentuk tanggap darurat Narkoba, BNN sebagai lembaga yang dikedepankan dalam penanganan permasalahan narkotika di Indonesia telah menjalankan berbagai program P4GN guna menekan prevelensi penyalahgunaan narkotika.

Selain menyasar masyarakat umum, BNNK Sawahlunto juga menyasar kesetiap instansi yang ada dikota ini. Baru baru ini pihaknya telah melakukan tes urine kepada Dinas Perhubungan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja. Termasuk melakukan pembinaan dan sosialisasi kepada pekerja tambang dibawah naungan CV. BMK. 

"Peran seluruh unsur masyarakat dalam hal ini para pekerja CV. BMK agar bisa berperan aktif melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika, dengan melaporkan kepada aparat penegak hukum apabila ada bentuk penyalahgunaan di lingkungan tempat kerjanya," ungkapnya.(h/rki)

 

Editor: Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM