LSM Pasbar Galang Dana Peduli Rohingya


Selasa,12 September 2017 - 01:30:57 WIB
Reporter : Tim Redaksi
LSM Pasbar Galang Dana Peduli Rohingya GALANG BANTUAN - Beberapa pemuda yang tergabung dalam LSM meminta sumbangan peduli Rohingya di beberapa titik di Pasbar. OSNIWATI

PASBAR, HALUAN - Peristiwa yang terjadi di Myanmar sontak membuat masyarakat muslim Indonesi bergejolak. Dukungan terhadap muslim Rohingya mengalir dari seluruh penjuri tanah air Indonesia. Mulai dari pusat hingga pelosok negeri, seperti halnya di Pasbar. Beberapa organisasi kemasyarakatan, pemuda, komunitas yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Rohingya menunjukkan kepedulian tersebut dengan penggalangan dana yang dimulai pada Kamis hingga Selasa (7-12) September depan.

 

Sayangilah saudaramu yang dilangit juga akan menyangimu. Itulah tema yang diangkat oleh beberapa komunitas tersebut. Antara lain komunitas, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pasbar, Aliansi Motor Pasaman Barat (AMPB) , Organisasi Intra Sekolah (OSIS) se-Pasbar, Majelis Tabliq, MRPB, PEKAT IB, KAHMI, Perguruan Pencak Silat Bundo Kandung.

 

Tim yang tergabung dalam aliansi ini melakukan penggalangan dana di beberapa tempat. Seperti di perempatan jalan Bundaran Simpang Empat Kecamatan Pasaman, Pasar Simpang Tiga, Pasar Kinali, beberapa masjid dan mushallah, pertokoan dan sarana umum lainya.

 

Ketua AMPB, Jhon mengatakan kegiatan ini merupakan aksi kemanusian. Menurutnya sedikit banyaknya bantuan yang dikumpulkan dari masyarakat akan diberikan kepada masyarakat Rohingya.

 

"Nantinya akan kita kirimkan melalui Word Human Care (WHC) sebagai lembaga yang berpengalaman dalam hal penyaluran bantuan kemanusian kedaerah konflik atau perang. Lakukanlah hal sekecil apapun untuk membantu meringankan beban saudaramu. Agar mereka merasa bisa berbagi penderitaan,"kata Jhon saat kegiatan berlangsung Sabtu (7/9).

 

Sementara itu, salah seorang anggota tim Aliansi Masyarakat Peduli Muslim Rohingya Dodi mengatakan, aksi ini spontanitas warga terhadap kejahahatan kemanusian di Rohingya.

 

"Rupiah yang kita sumbangkan nantinya mudah-mudahan bisa meringankan saudara kita. Kami menjalankan inpaq atau sedekah di beberapa mesjid melalui kotak amal. Nantinya kami kumpul dan dikirimkan ke Rohingya melalui tim yang ada di tingkat Propinsi Sumbar juga pusat,"kata Dodi.

 

Selanjutnya kata Dodi, kecaman atas kejahatan kemanusian yang terjadi di negara Myanmar, kepada warga muslim Rohingya membuat masyarakat Indonesia bergejolak. Ada yang melakukan unjukrasa, demonstrasi, penggalangan dana dan lain sebagainya.

 

Sampai saat ini jumlah nominal yang terkumpul oleh Aliansi Pasbar Peduli Rohingya, belum dapat di total secara keseluruhan. Mengingat pengumpulan sumbangan sedang berlangsung. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Selasa 12 September diakhiri dengan Tabliq Akbar. (h/ows)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,28 Juli 2016 - 04:13:24 WIB

    Walinagari Jangan Menjadi LSM

    Walinagari Jangan Menjadi LSM LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Bupati Li­mapuluh Kota, Irfendi Arbi menegaskan, wali nagari bukan lawan bupati, se­baliknya merupakan per­panjangan tangan bupati di nagari. Karena itu, wali nagari diharapkan bisa me­rubah par.
  • Jumat,01 Juli 2016 - 06:11:12 WIB

    Limbah PT USM Cemari Lingkungan, Aliansi LSM Pasbar Protes

    Limbah PT USM Cemari Lingkungan, Aliansi LSM Pasbar Protes PASBAR,HALUAN — Sejumlah Lembaga Swa­daya Masyarakat (LSM) Kabupaten Pasaman Barat yang tergabung dalam Aliansi LSM Pasa­man Barat, melakukan demonstrasi ke kantor Bupati, Kantor DPRD dan Kantor BLHKP setem­pat menuntut.
  • Senin,27 Juni 2016 - 17:21:50 WIB

    LSM Laporkan Walinagari Pangkalan ke Kejaksaan

    LSM Laporkan Walinagari Pangkalan ke Kejaksaan LIMAPULUH KOTA, HALUAN -- Salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota, Forum Komunikasi Peduli Nagari (FKPN) melaporkan Walinagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan ke Kejaksaan Negeri Payakumbuh cabang Pa.
  • Rabu,03 Februari 2016 - 12:23:39 WIB

    Walinagari Ganggo Hilia Bantah Tudingan LSM Tipikor

    PADANG, HALUAN — Walinagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman membantah tudingan yang d­ialamat­kan kepada dirinya terkait dugaan penyimpangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari tahun anggaran 20.
  • Rabu,22 April 2015 - 20:28:34 WIB

    Lima Anggota LSM Garuda Dicokok Polisi

    PERAS PENGELOLA SEKOLAH

    BUKITTINGGI, HALUAN — Lima pemuda yang mengaku da.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM