DAU Solsel Berkurang Rp8,5 Miliar


Selasa,12 September 2017 - 01:35:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
DAU Solsel Berkurang Rp8,5 Miliar BUPATI Solsel foto bersama usai rapat. IST

SOLOK SELATAN, HALUAN - Pemerintah Solok Selatan (Solsel) sampaikan nota pengantar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017 saat sidang Paripurna di DPRD setempat, Senin (11/9). Pada sidang ini, terjadi usulan penambahan pendapatan daerah sebesar Rp24,7 miliar pada pos PAD dan pendapatan lain-lain yang sah. Penambahan pendapatan daerah dari Rp779 miliar menjadi Rp803 miliar.

Bupati Solsel, Muzni Zakaria mengatakan nota pengantar tersebut dapat dilaksanakan secara maraton dan efektif sesuai jadwal yang ditetapkan Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Solsel. "Kita harapkan agar pembahasan berjalan dengan baik dan bisa diselesaikan secepat mungkin," harapnya.

Ia menambahkan, pendapatan dari dana perimbangan mengalami penurunan sekitar Rp8,34 miliar. Namun, pada sumber pendapatan itu terjadi peningkatan pada item Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak/bukan pajak dan DBH Sumber daya alam Rp241 juta.

Sementara Dana Alokasi Umum (DAU) terjadi pengurangan Rp8,5 miliar. "Hal itu sekaitan dengan konsekuensi atas kebijakan pusat berupa pengurangan DAU pada kabupaten/kota," tambahnya.

Selian itu, pada pos lain-lain pendapatan daerah yang sah mengalami peningkatan sekitar Rp2 miliar yang bersumber dari bantuan keuangan provinsi dan pusat. "Sedangkan pada belanja tidak langsung mengalami peningkatan sebesar Rp5,7 miliar dari Rp379 miliar menjadi Rp385 miliar. Yakni pada item belanja pegawai Rp5 miliar dan bantuan sosial Rp250 juta serta belanja tak terduga juga mengalami kenaikan sebesar Rp402 juta," ujarnya.

Untuk belanja langsung juga mengalami kenaikan dari kisaran Rp435 miliar menjadi kisaran Rp484 miliar atau mengalami peningkatan sebesar Rp49.492.968.460 miliar. "Guna memenuhi kekurangan belanja pada perangkat daerah dan penambahan dilakukan selektif dengan mempertimbangkan serapan anggaran sampai akhir triwulan III 2017," lanjutnya.

Sehingga, imbuhnya dengan peningkatan pendapatan daerah sebesar Rp24,7 miliar yang lebih kecil dibandingkan peningkatan total belanja daerah sehingga defisit bertambah Rp30,4 miliar. Dari Rp35,9 miliar menjadi Rp66,4 miliar.

"Total defisit anggaran akan ditutup dengan penerimaan pembiayaan dari Silpa 2016 dan penerimaan piutang daerah,"ungkapnya.

Senada, Wakil Ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas juga berharap dalam proses pembahasan RAPBD-P 2017 bisa diselesaikan tepat waktu sesuai agenda yang telah ditetapkan. Sehingga akan mempercepat realisasi pembangunan daerah. "Kita juga ingin tuntas secepatnya," tutupnya. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,29 Juli 2017 - 11:06:27 WIB

    Minggu, Rang Agam Makan Bajamba dengan Daun Pisang

    Minggu, Rang Agam Makan Bajamba dengan Daun Pisang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Setelah melewati berbagai persiapan dan rangkaian kegiatan Halalbihalal Kerukunan Keluarga Agam (KKA) memasuki acara puncak pada hari Minggu 30 Juli besok di GOR UNP Padang. Acara ini akan dihadiri o.
  • Jumat,01 Juli 2016 - 05:53:45 WIB

    Daarul Falah Gelar Daurah Tahfidzul Quran

    Daarul Falah Gelar Daurah Tahfidzul Quran AGAM, HALUAN — Camat sangat bangga dan senang, di daerah perbatasan ini diha­diri puluhan remaja dari berbagai kota dan provinsi untuk belajar menghafal Alquran. Semoga ini melecut semangat kami untuk bisa mengirim dua ora.
  • Selasa,03 Mei 2016 - 03:29:11 WIB

    LKAAM Apresiasi Pengembalian Kedaulatan Adat

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Limapuluh Kota apresiasi keinginan Bupati Irfendi Arbi dan Wakil Bupati Ferizal Ridwan untuk mengem­balikan kedaulatan adat di Lima­puluh .
  • Jumat,29 April 2016 - 13:46:49 WIB

    Walikota Pariaman Didaulat Pimpim LKAAM

    Walikota Pariaman Didaulat Pimpim LKAAM PARIAMAN, HALUAN — Pucuk Pimpinan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKA­AM) Provinsi Sumbar diwakili Ketua III, Epi Radismon mengu­kuhkan pengurus LKAAM Kota Pariaman periode 2016-2021 dan Pengukuhan DPD Bundo Kan.
  • Senin,12 Januari 2015 - 19:40:19 WIB

    Naik Daun, Harga Batu Akik Melambung

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Harga bahan batu akik di Nagari Pandam Gadang, Gunung Omeh dan Banjaloweh, Kecamatan Bukik Barisan, mengalami peningkatan sejak pekan lalu.  Biasanya, harga batu bahan akik itu ditawarkan penamb.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM