Lima Jemaah Haji Tertunda Pulang


Selasa,12 September 2017 - 20:50:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Lima Jemaah Haji Tertunda Pulang

PADANG, HALUAN – Sebanyak lima jemaah haji asal Bengkulu yang tergabung dalam kloter IV tertunda kepulangannya ke tanah air. Mereka urung pulang bersama rombongannya yang telah mendarat di BIM, Senin (11/9) malam, karena harus dirawat di rumah sakit di Arab Saudi karena sakit yang dideritanya.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Syamsuir Ilyas kepada Haluan Selasa (12/9). Selain ada yang tertunda kepulangannya, juga ada seorang jemaah yang harus mendapat perawatan terlebih dahulu ke RS M Djamil karena sakit yang dideritanya.

Menurutnya, jemaah haji yang pulang pada rombongan kloter IV ini berjumlah 384 orang, tiga di antara jemaah pindahan (tanzul). Awalnya, saat diterbangkan ke tanah suci, jemaah yang tergabung di kloter IV ini berjumlah 387 orang. Dari jumlah sebanyak itu, lima orang tertunda kepulangannya dan seorang meninggal.

“Untuk kepulangan mereka yang sakit, menunggu izin dari otoritas haji di Arab Saudi. Jika sehat, nanti mereka akan pulang dengan kloter berikutnya. Sementara, seorang lain yang meninggal di Makkah, adalah Nurma Wahi Aman (66) asal Kab. Rejang Lebong, Bengkulu,”jelas Syamsuir.

Pihak embarkasi haji Padang bersama tim medis sudah melakukan yang terbaik untuk jamaah. Setiba mereka di Asrama haji langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi apakah ada virus yang dibawa jamaah dari tanah suci.

"Untuk jemaah Bengkulu sebagai Embarkasi Haji Antara, pemeriksaan langsung kita lakukan di Bandara," lanjut mantan Kabid PHU ini.

Ketika dikonfirmasi ke tim Kesehatan embarkasi Haji Padang, dr. Dresnita membenarkan hal itu. Katanya, ada satu jamaah Kloter IV yang dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang.

"Jamaah yang dirujuk atas nama Tugiman Wonesoka (70) Diagnosa Pneumonia (infeksi/ peradangan saluran pernafasan atau paru-paru). Penyakit ini sebagian besar diderita lansia, dimana pasien mengalami sesak nafas," katanya.

Ditambahkannya, sampai siang ini jamaah asal Bengkulu ini masih dirawat intensif di RS. M. Djamil Padang. "Kondisinya sudah mulai membaik, dan Beliau akan dipulang ketika kondisi sudah membaik," kata dr. Dresnita.

Bersama tim kesehatan haji Debarkasi Padang, diakuinya mereka sudah memberikan pelayanan yang baik kepada Tugiman. Komunikasi dengan keluarga pasien juga berjalan lancar.(h/mg-hen)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,22 Mei 2017 - 19:21:36 WIB

    Pascabencana Limapuluh Kota Bangkit, Siap Untuk Selamat

    Pascabencana  Limapuluh Kota Bangkit, Siap Untuk Selamat Bencana alam berupa banjir dan longsor yang menimpa Kabupaten Limapuluh Kota beberapa waktu lalu, meninggalkan luka yang mendalam bagi para korban. Bencana banjir, merendam sebagian nagari yang tersebar seluruh kecamatan yang.
  • Jumat,17 Maret 2017 - 11:41:51 WIB

    The Kmers Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Limapuluh kota

    The Kmers Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Limapuluh kota PADANG, HARIANHALUAN.COM—Setelah sepekan menggalang pengumpulan dana di sejumlah titik lampu merah. Hari ini (16/3) sejumlah perwakilan pengurus The Kmers menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir dan longsor di Limap.
  • Senin,13 Maret 2017 - 20:22:22 WIB

    PT XL Axiata Tbk Serahkan Bantuan Korban Banjir Limapuluh Kota

    PT XL Axiata Tbk Serahkan Bantuan Korban Banjir Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Ikut meringakan korban banjir dan longsor, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengirimkan donasi ke korban ke Kabupaten Limapuluh Kota. Donasi ini berupa bahan- bahan logistik seperti obat-obatan, .
  • Rabu,28 Desember 2016 - 01:52:59 WIB
    URAT NADI PEREKONOMIAN

    Jalan Koto Rawang - Limau Gadang Harus Dilanjutkan

    Jalan Koto Rawang - Limau Gadang Harus Dilanjutkan PAINAN, HALUAN — Masyarakat Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan sangat mengharapkan kepada pemerintah untuk kelanjutan pembangunan jalan alternatif yang menghubungkan Kenagarian Koto Rawang menuju Nagari Limau Gad.
  • Selasa,27 Desember 2016 - 00:55:14 WIB

    Lima Anak Harimau Lahir di TMSBK

    Lima Anak Harimau Lahir di TMSBK BUKITTINGGI, HALUAN – Ko leksi Harimau di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau lebih dikenal dengan Kebun Binatang Bukit­tinggi, bertambah dengan kela­hi­ran lima ekor anak Harimau..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM