Ketua DPRD Pessel: Kaji Ulang Izin Pengelolaan Pulau Suwarnadwipa


Rabu,13 September 2017 - 15:23:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ketua DPRD Pessel: Kaji Ulang Izin Pengelolaan Pulau Suwarnadwipa Pulau Suwarnadwipa. (foto by: http://sumbar.travel)

PAINAN, HALUAN – Kasus perusakan karang yang dilakukan pengelola Pulau Suwarnadwipa dan bermuara ke kejaksaan, memantik marah banyak pihak. Tidak hanya aktivis lingkungan hidup, Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto juga geram dengan perusakan tersebut. Dia meminta pihak yang berbuat untuk bertanggung jawab.

“Pengelola mestinya menjaga keasrian alam, bukan malah merusaknya. Pengambilan karang untuk dijadikan bangunan penginapan yang dilakukan pengelola Pulau Suwarnadwipa jelas tidak bisa ditolerir dan mesti dipertanggungjawabkan di depan hukum. Silahkan kelola, tapi jangan merusak,” tutur Dedi, Rabu (13/9) pagi.

Dijelaskan Dedi, Secara geografis, Pulau Suwarnadwipa masuk ke wilayah administrasi Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau indah tersebut dikelola oleh PT Suwarnadwipa Wisata Mandiri. Pulau ini jadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain pasir putihnya, keindahan alam bawah laut juga menjadi daya tarik.  “Keindahan itu yang diduga dirusak oleh pengelola. Kita sangat menyesalkan tindakan tersebut,” lanjut Dedi.

Usai mendapat kabar perusakan terumbu karang, sebagai Ketua DPRD, Dedi langsung menghubungi Pemkab Pessel dan memeprtanyakan izin yang dikantongi pengelola Pulau Suwarnadwipa. Rupanya, izinnya baru saja keluar. “Izinnya sudah keluar, tapi saya meminta izinnya dikaji ulang. Kalau perlu dibekukan dulu, sampai permasalahan perusakan terumbu karang tuntas secara hukum,” sebut Dedi.

DPRD Pessel,


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM