Mendidik Anak Berinfak Sejak Dini


Rabu,11 Oktober 2017 - 11:27:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mendidik Anak Berinfak Sejak Dini Asniarti, SPdI

 

Laporan: Asniarti, SPdI (Guru PAI SD Negeri 11 Aur Kuning)

Anak-anak harusnya dibiasakan untuk berinfak dan bersedekah sejak dini baik di sekolah maupun di rumah. Bersedekah selain merupakan sarana beribadah juga bisa digunakan untuk melatih empati anak pada orang lain. Empati berarti menempatkan diri seolah-olah menjadi seperti orang lain.

Bersedekah atau berinfak merupakan pemberian dari seorang muslim secara sukarela dan iklas tanpa dibatasi waktu dan jumlahnya. Dari segi bentuknya, sedekah sesungguhnya tidak dibatasi pemberian dalam bentuk uang, tetapi sejumlah amalan kebaikan yang dilakukan seorang muslim juga termasuk sedekah.

Adapun kiat-kiat agar anak gemar bersedakah adalah, pertama, berimotivasi melalui hadist dan ayat-ayat tentang sedakah/berinfak. Kedua, bacakan cerita-cerita sahabat Rasulullah yang gemar menafkahkan hartanya. Ketiga, biasakan anak berinfak/sedekah sedini mungkin. Kempat, berikan hadiah sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan, hadiah diberikan setelah anak mencapai sesuatu bukan sebelumnya. Kelima, ajaklah anak melihat sendiri dan mengalami kehidupan yang sangat berbeda dengan kehidupan yang biasa ia jalani.

Kegiatan-kegiatan yang bisa membiasakan anak untuk berinfak/bersedekah di sekolah adalah, pertama, setiap kelas memiliki kotak infak yang diedarkan seminggu sekali, hasilnya bisa membantu siswa yang kurang mampu atau menyumbangkan untuk bencana alam yang terjadi di sekitarnya. Dan setiap tahun sekolah bisa melaporkan hasil infak dan penyalurannya ke komite atau wali murid. Kedua, mengumpulkan pakaian pantas pakai dan pengumpulan sembako untuk panti asuhan dan korban bencana alam. Kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin sekolah.

Ketiga, mengadakan pecan buku disekolah dengan agenda mengumpulkan buku bacaan atau buku sekolah yang sudah terpakai dari siswa. Buku yang sudah terkumpul bisa disumbangkan ke sekolah atau ke sekolah lain. Keempat, mengadakan infak qurban setiap mejelang hari raya Idul Adha. Kelima, mengumpulkan zakat fitrah setiap bulan Ramadan.

Hal ini bisa dilaksanakan oleh sekolah dengan langsung melibatkan siswa dan wali murid, agar mereka dapat belajar secara alami dalam menanamkan sikap, khususnya untuk membiasakan siswa kita dalam gemar berinfak dan bersedekah untuk kepentingan orang lain. (*)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,12 Oktober 2017 - 16:20:51 WIB

    Mendidik dan Mengerjakan Anak Salat Sejak Dini

    Mendidik dan Mengerjakan Anak Salat Sejak Dini Landasan utama seorang  muslim adalah menghambakan diri kepada Allah sebagai penciptakan yang Maha Bijaksana dan Maha Pengasih. Dalam ajaran Islam, shalat adalah simbol dari puncak penghambaan, di mana Allah dalam al-Quran m.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM