Bea Cukai Teluk Bayur Gagalkan Peredaran Jutaan Batang Rokok Ilegal


Kamis,12 Oktober 2017 - 23:14:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bea Cukai Teluk Bayur Gagalkan Peredaran Jutaan Batang Rokok Ilegal Petugas Bea Cukai Teluk Bayur sedang menghitung jumlah rokok ilegal yang berhasil disita. Foto: Facebook IPC

PADANG, HALUAN – Petugas Bea Cukai Teluk Bayur berhasil menggagalkan peredaran jutaan batang rokok illegal di Jalan Lintas Bukittinggi – Padang. Jika ditotal, harga rokok ilegal yang diamankan mencapai Rp1 miliar.

Dikutip dari situs resmi Bea Cukai Teluk Bayur, bctelukbayur.com, secara rinci, rokok ilegal yang diamankan berjumlah 1,5 juta batang, dan dipacking ke dalam 80 karton. Perkiraan harganya sekitar Rp1 miliar.

Penggagalan penyelundupan rokok ilegal itu dilakukan pekan lalu, persisnya Kamis (5/10) dini hari. Sebenarnya, informasi adanya distribusi rokok ilegal sudah lama didapat petugas. Sehari sebelum penindakan dilakukan pengintaian terhadap pergerakan mobil pembawa rokok merek Nio tersebut.

Setelah memastikan jenis mobil yang mengangkut rokok tersebut, petugas Bea Cukai Teluk Bayur berhasil melakukan penangkapan. Turut diamankan tiga unit mobil pengangkut rokok ilegal merek Nio dengan menggunakan pita cukai bekas. Lima orang sopir dan kernet juga diamankan.

Peredaran rokok ilegal, akhir-akhir ini marak dilakukan. Petugas cukai beberapa kali melakukan penangkapan namun tidak membuat jera pelakunya. Akhir September lalu, Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Wilayah Riau - Sumatera Barat bahkan memusnahkan 19 juta batang rokok dan 6 ribu botol miras ilegal bernilai Rp13,2 miliar. "Ini hasil penindakan kita selama periode Juni 2016 sampai Maret 2017. Kita amankan dari seluruh wilayah kerja kita, di Riau - Sumbar, dan hasil dari operasi, intelijen dan informasi masyarakat," terang Kepala Kantor Bea dan Cukai Wilayah Riau - Sumbar Yusmariza. (h/*)

Editor: Bhenz Maharajo

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,09 Desember 2016 - 15:52:55 WIB

    Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur Musnahkan Alat Bantu Seks

    Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur Musnahkan Alat Bantu Seks PADANG, HALUAN--Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur, Padang memusnahkan sejumlah barang sitaan yang menjadi Barang Milik Negara (BMN) atas pelanggaran tindak pidana di bidang cukai, Jumat (9/12)..
  • Rabu,16 November 2016 - 19:49:09 WIB

    Hindari Motor Beat, Terios Ini Malah Hantam Bukit di Pessel

    Hindari Motor Beat, Terios Ini Malah Hantam Bukit di Pessel PAINAN, HALUAN – Satu unit mobil jenis Daihatsu Terios, dengan Nopol BA 174 SA warna Silver terbalik di jalan nasional Padang-Bengkulu, tepatnya di Kampung Rajo Agam, Kenagarian Berung-Berung Belantai, Kecamatan Koto XI Tar.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM