AGENDA PENUNTUTAN BASKO DITUNDA SEPEKAN

Hasil Labkrim Surat Penyewaan PT KAI Dipertimbangkan


Jumat,13 Oktober 2017 - 11:16:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hasil Labkrim Surat Penyewaan PT KAI Dipertimbangkan Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang dalam perkara dugaan pemalsuan tanda tangan yang disangkakan kepada H. Basrizal Koto, mengizinkan masuknya surat keterangan pemeriksaan laboratorium kriminal (Labkrim), terhadap surat perjanjian sewa-menyewa antara PT BMP dengan PT KAI yang dikeluarkan oleh PT KAI Divre Sumbar.

Hal itu disampaikan Majelis Hakim yang diketuai Sutedjo, dengan hakim anggota Agnes dan R Ari Muladi, dalam sidang lanjutan perkara tersebut di PN Padang, Kamis (12/10). Seyogyanya, sidang kali ini beragendakan pembacaan tuntutan. Namun, hakim menunda agenda karena jaksa belum merampungkan surat tuntutan.

Di hadapan hakim, Raadi Oktia N selaku JPU menyampaikan, saat ini pihaknya masih menyusun uraian fakta dalam berkas tuntutan yang akan disampaikan. Sehingga, meminta tambahan waktu selama seminggu untuk membacakan tuntutan.

"Ini sudah di garis merah. Harusnya selesai dalam lima bulan, tapi ini sudah lewat. Usahakan selesai pekan depan," sebut Hakim Ketua, Sutedjo, menanggapi permintaan jaksa.

Di samping itu, kepada Haluan, Humas PN Padang R Ari Muladi menyebutkan, seharusnya perkara pidana memang harus diputus maksimal lima bulan sejak pengadilan menerima pelimpahan berkas. Namun begitu, pihaknya mesti pula mempertimbangkan berbagai alasan penundaan dari jadwal tersebut.

“Dalam perkara ini memang banyak bukti dan saksi. Mungkin karena itu JPU belum bisa menyiapkan surat tuntutan. Tanpa itu, hakim tentu tak bisa mengambil keputusan. Namun, kami secara hierarki tak punya kewenangan untuk meminta jaksa agar bersegera. Kami sifatnya hanya mengimbau. Dalam perkara yang menarik perhatian publik seperti ini, permintaan penundaan seminggu masih wajar dan bisa ditolerir,” kata Ari.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM