Pedoman Media Siber


Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup

  1. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita

  1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
  2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
  3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
    1. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
    2. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
    3. Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
    4. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
  4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

  1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
  2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
  3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
    1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
    2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
    3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
  5. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
  6. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
  7. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
  8. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

  1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
  3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
  4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
    1. Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
    2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
    3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
  5. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita

  1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
  3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

  1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
  2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ”advertorial”, ”iklan”, ”ads”, ”sponsored”, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta
Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman
Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

9. Sengketa
Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

 

Jakarta, 3 Februari 2012
(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).


TULIS KOMENTAR
BERITA SEBELUMNYA
Senin Ini, Calon Bawaslu Sumbar Uji MakalahSenin Ini, Calon Bawaslu Sumbar Uji Makalah Menang Adu Penalti Atas PSP Padang, SPU-17 Juara Piala SoeratinMenang Adu Penalti Atas PSP Padang, SPU-17 Juara Piala Soeratin Bupati Naik Haji, Wabup Limapuluh Kota Lantik Sekda BaruBupati Naik Haji, Wabup Limapuluh Kota Lantik Sekda Baru Golkar Tunggu Hasil Survei, Weno Aulia Menguat di Kalangan InternalGolkar Tunggu Hasil Survei, Weno Aulia Menguat di Kalangan Internal Terkait Hutang, Yaso Tusuk Rekannya Hingga TewasTerkait Hutang, Yaso Tusuk Rekannya Hingga Tewas Heboh, Penemuan Batu Besar Mirip Kelamin Pria di Tanah DatarHeboh, Penemuan Batu Besar Mirip Kelamin Pria di Tanah Datar Seorang Jamaah Haji Kloter 16 Asal Padang Meninggal di MekahSeorang Jamaah Haji Kloter 16 Asal Padang Meninggal di Mekah Bawa Voucher UN Swissindo, Warga Ditolak Petugas Bank MandiriBawa Voucher UN Swissindo, Warga Ditolak Petugas Bank Mandiri Abrasi di Pantai Tiku, 300 Hektar Lahan Sawit Masyarakat RusakAbrasi di Pantai Tiku, 300 Hektar Lahan Sawit Masyarakat Rusak Braakk..Bus di Pessel Ini Remuk Dihantam Truk Tangki CPOBraakk..Bus di Pessel Ini Remuk Dihantam Truk Tangki CPO Mundur dan Hilang Kendali, Truk Ini Tabrak Pemotor, Satu Orang TewasMundur dan Hilang Kendali, Truk Ini Tabrak Pemotor, Satu Orang Tewas Warga Pengambiran Kaget, Bomber Semen Padang Ini Ikut Memeriahkan HUT RIWarga Pengambiran Kaget, Bomber Semen Padang Ini Ikut Memeriahkan HUT RI Pulangkampuang.com Tertarik Berkolaborasi dengan Program PKL HebatPulangkampuang.com Tertarik Berkolaborasi dengan Program PKL Hebat Andre Rosiade Pertanyakan Baliho Adib Alfikri Tak Dikenai PajakAndre Rosiade Pertanyakan Baliho Adib Alfikri Tak Dikenai Pajak Kemeriahan HUT RI di Nagari Gadut, Kapolsek Ini Ikut Menyumbang HadiahKemeriahan HUT RI di Nagari Gadut, Kapolsek Ini Ikut Menyumbang Hadiah Walikota Kaget, Jumlah Napi di Lapas Bukittinggi MeningkatWalikota Kaget, Jumlah Napi di Lapas Bukittinggi Meningkat Ada Kampung Kuliner di Kota PariamanAda Kampung Kuliner di Kota Pariaman DPRD Pertanyakan Tambahan Dana RSUD, Pemko Minta Lagi Rp65,877 MiliarDPRD Pertanyakan Tambahan Dana RSUD, Pemko Minta Lagi Rp65,877 Miliar Manfaatkan Lahan Kosong, Hasil Panen Bawang MenggembirakanManfaatkan Lahan Kosong, Hasil Panen Bawang Menggembirakan Hadiah di HUT RI ke 72, Jorong Gumali di Padang Pariaman Akhirnya Teraliri ListrikHadiah di HUT RI ke 72, Jorong Gumali di Padang Pariaman Akhirnya Teraliri Listrik Polda Sumbar Mulai Proses Hukum UN SwissindoPolda Sumbar Mulai Proses Hukum UN Swissindo Calon Anggota Bawaslu Sumbar, Dari 14 Nama, Hanya Enam Dikirim ke PusatCalon Anggota Bawaslu Sumbar, Dari 14 Nama, Hanya Enam Dikirim ke Pusat Young di Mata Warga Nagari Kacang, Dikenal Cuek, Tidak Pernah Betah di KampungYoung di Mata Warga Nagari Kacang, Dikenal Cuek, Tidak Pernah Betah di Kampung Andre Rosiade – Maidestal Bisa Ubah Peta Kekuatan Politik di Pilkada PadangAndre Rosiade – Maidestal Bisa Ubah Peta Kekuatan Politik di Pilkada Padang Upacara Kemerdekan RI Ke 72 di Pessel, Bupati: Pejuang Veteran Harus Mendapatkan Hak MerdekaUpacara Kemerdekan RI Ke 72 di Pessel, Bupati: Pejuang Veteran Harus Mendapatkan Hak Merdeka

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM