Kanal

Alumni SMA 2 Padang Peringati Hardiknas

PADANG, HALUAN—Bangsa ini harus memberikan perhatian yang lebih serius terhadap dunia pendidikan agar didapatkan anak didik yang berkarakter. Pemahaman ini tidak saja ditujukan kepada pelaku pendidikan, tetapi juga kepada pemangku kepentingan (stakeholder), serta lingkungan. Mereka harus mendukung segala upaya pencerdasan bangsa melalui pendidikan di bangku sekolah.

Demikian disampaikan Ketua Alumni SMA 2 Padang Angkatan ‘80, Dedy Ikhsan saat memberikan amanat sebagai inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di hadapan guru, pegawai, siswa, dan alumni, Selasa (2/5), di SMA 2 Padang, Jl. Musi, Padang. 

Pada kesempatan itu alumni SMA 2 Padang Angkatan 80 memberikan bantuan sebesar Rp50 juta untuk pembangunan ruang kepala sekolah dan guru yang sedang dikerjakan.

“Pemberian bantuan ini sebagai bentuk komitmen dan bagian tanggung jawab kami (alumni) untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan bagi anak didik, khususnya di SMA 2 Padang, agar lebih baik lagi ke depannya,” ujar Dedy yang juga Dirut Bank Nagari.

Dedy mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan hasil badoncek lumni SMA 2 Padang Angkatan 80 dalam sebuah acara reuni baru-baru ini di Lembang, Bandung.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa memicu angkatan lainnya untuk ikut serta, sehingga bangunan ruang kepala sekolah dan guru dapat dipakai segera,” tuturnya.

Peran serta alumni, kata Dedy, sangat dibutuhkan untuk membantu peningkatan kualitas proses belajar mengajar.

“Kami bersama-sama hadir bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap sekolah SMA 2 Padang, di mana kami pernah dididik dan dibesarkan,” kata Dedy.

Di samping itu, Ketua Harian Alumni SMA 2 Padang Angkatan 80, Hasmi HPS, mengutarakan, berdasarkan sejarahnya, SMA 2 Padang merupakan sekolah unggulan. Walaupun beberapa tahun ke belakang sempat menurun, berdasarkan hasil UN 2017 (UNBK dan UNKP) sekolah itu menempati peringkat 7 di Sumbar dari peringkat 47 pad atahun lalu; dan peringkat 4 di Kota Padang.

“Kita bertekad mengembalikan kejayaan SMA 2 Padang seperti dulunya,” ujar dokter yang pernah menjabat Direktur RS Achmad Muchtar Bukittinggi itu.

Kepala sekolah SMA 2 Padang, Syamsul Bahri, menyambut baik bantuan yang diberikan alumni untuk peningkatan kualitas pendidikan. “Alhamdulillah melalui jalur SNMPTN, SMA 2 Padang bisa menempatkan sebanyak 44 orang siswa. Dimana, Unand 35, IPB 6, UNP 2 dan Institut Teknologi Sumatera 1 orang,” ucapnya.

Ia kemudian menyebutkan prestasi siswanya, yakni mendapatkan Juara I “Duta Genre Puteri Sumbar 2017” dan “Duta Pendidikan Sumbar 2017” yang akan mewakili Sumbar pada tingkat nasional, serta Juara I Lomba Pidato tingkat Kota Padang.

Di antara barisan Alumni SMA 2 Padang Angkatan 80 yang hadir, terlihat Ketua Ombudsman Sumbar, Yunafri; Asisten III Sekdaprov Sumbar, Nasir Ahmad; Afrison Sogo dari Jambi; dan Ketua Wilayah III Jabodetabek, Suwirman. (h/rls)

Ikuti Terus HarianHaluan

Berita Terkait

Berita Terpopuler