5 Jurus Jitu Hadapi Resesi Global, Kaum Mendang Mending Wajib Simak

- Sabtu, 15 Oktober 2022 | 19:20 WIB
Ilustrasi resesi (foto/sumber: mpr.go.id)
Ilustrasi resesi (foto/sumber: mpr.go.id)

HARIANHALUAN.COM - Tahun 2023, banyak negara diprediksi akan masuk ke dalam jurang resesi ekonomi, tak terkecuali Indonesia. Lantas apa saja yang harus disiapkan guna mengantisipasi hal tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kondisi resesi dapat terlihat dari beberapa hal, di antaranya, produk domestik bruto (PDB) negatif, pengangguran meningkat, hingga pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Dampak yang diakibatkan resesi pun cukup mengkhawatirkan, mulai dari utang negara meningkat, kesenjangan kaya dan miskin melonjak, pengangguran melambung tinggi hingga PHK massal.

Baca Juga: Yasalam, Belum Reda Soal Irjen Teddy Minahasa, Kini 7 Tahanan Kabur

Nah, sebelum resesi benar-benar terjadi, jangan panik dan lakukan langkah-langkah berikut sebagaimana disarikan dari berbagai sumber.

1. Mulai mencari alternatif penghasilan tambahan

Di era digital seperti saat ini banyak cara memperoleh tambahan pemasukan, seperti menjual aneka barang melalui kanal digital baik masuk ke jaringan e-commerce maupun membuka toko online sendiri.

Tak hanya itu, memanfaatkan hobi menjadi sumber penghasilan tambahan bisa jadi pilihan. Investasi di pasar modal, properti dan lainnya juga bisa jadi alternatif terbaik.

2. Pangkas pengeluaran yang tidak penting mulai sekarang

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Saat Hujan dan Petir disertai Artinya

Sabtu, 5 November 2022 | 13:18 WIB
X