Ini 5 Resesi Terburuk yang Pernah Melanda Dunia, Ancaman Itu Kini Muncul di 2023

- Senin, 24 Oktober 2022 | 12:41 WIB
Ilustrasi resesi (foto/sumber: mpr.go.id)
Ilustrasi resesi (foto/sumber: mpr.go.id)

HARIANHALUAN.COM - Ancaman resesi global tahun 2023 memberikan kenangan buruk akan kasus serupa yang pernah dialami sejumlah negara. Seperti apa kisahnya? Berikut ulasan HarianHaluan.com yang terangkum pada Senin, 24 Oktober 2022.

Dilansir dari berbagai sumber, sejarah mencatat, setidaknya ada lima peristiwa resesi global terburuk yang pernah melanda dunia, dan memberikan efek trauma bagi sejumlah negara.

Berikut kelima resesi yang sebelumnya membuat dunia kacau balau dan menghancurkan sendi-sendi ekonomi dan sosial.

1. Krisis Kredit (1777)

Pada tahun 1777 terjadi krisis kredit di kota London, Inggris yang disebabkan oleh ekspansi kredit oleh perbankan yang luar biasa besar.

Ekspansi kredit luar bisa besar itu dilandasi oleh keoptimisan perbankan karena melimpahnya dana akibat Kerajaan Inggris yang telah mengumpulkan sejumlah besar kekayaan melalui kepemilikan dan perdagangan. Sumber kekayaannya berasal dari wilayah jajahannya pada pertengahan tahun 1760.

Baca Juga: Pengakuan Keji Badut, Cekoki 2 Siswi SMP Depok Pil Gila Hingga Paksa Buka Celana

Tiba-tiba kepanikan muncul pada 8 Juni 1772 akibat salah satu mitra bank Inggris, Neal yang bernama Alexander Fordyce kabur ke Prancis menghindari pembayaran utang.

Kabar menghindarnya salah satu debitur tersebut menyebar dengan cepat sehingga kreditur melakukan kebijakan penarikan tunai instan dari sejumlah bank di Inggris.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Trik PLN Capai Target Bauran EBT di 2025

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:33 WIB
X