Caketum HIPMI Anggawira Dorong Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Agar Terhindar Dari Ancaman Resesi

- Sabtu, 12 November 2022 | 16:29 WIB
Caketum HIPMI Anggawira Dorong Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Agar Terhindar Dari Ancaman Resesi (Dokumen HIPMI)
Caketum HIPMI Anggawira Dorong Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Agar Terhindar Dari Ancaman Resesi (Dokumen HIPMI)

HARIANHALUAN.COM - Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dikhawatirkan akan terdampak pelemahan ekonomi global. Untuk menghadapi hal tersebut calon Ketua Umum BPP HIPMI Periode 2022-2025, Anggawira telah menyiapkan strategi jitu.

Menurut Anggawira, untuk menumbuhkan pariwisata daerah perlu menyiapkan rantai pasok untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, agar mampu menghadapi potensi resesi global tahun depan. Hal itu dapat dilakukan dengan menggalakkan lahirnya daerah wisata yang mandiri dengan dukungan pengusaha lokal.

"Ketika resesi yang perlu kita siapkan adalah pengusaha yang kuat sehingga menimbulkan optimisme, optimisme ini akan menggerakan kita untuk datang ke tempat-tepat berlibur, pengusaha perlu mendorong roda perekonomian terus berputar," ujar Anggawira dalam ajang Debat Calon Ketua Umum BPP HIPMI ke dua di Labuan Bajo dalam keterangannya, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga: Menikmati Panorama Alam dan Sejuknya Udara di Kawasan Wisata Puncak Happy Kabupaten Solok

Komisaris PT JSK Gas ini juga menambahkan, pengusaha muda tidak boleh takut dengan ancaman resesi, justru harus ikut menggerakan roda ekonomi khususnya di daerah-daerah wisata.

"Bayangkan saat ini ribuan pengurus HIPMI yang hadir di Labuan Bajo, ini akan menggerakan ekonomi di daerah wisata, artinya kita harus memanfaatkan kekuatan terbesar HIPMI yaitu anggotanya untuk membangkitkan semangat positif," katanya

Untuk menghadapi resesi, Anggawira juga telah menyiapkan program-program khusus yang akan dapat dirasakan manfaatnya oleh pengurus HIPMI yang bergerak di sektor wisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Pacu Geliat Ekonomi, Pemko Pariaman Gandeng Masyarakat Gotong-royong Buka Akses Jalan Baru

"Ada tiga program khusus yang saya tujukan untuk pengusaha pariwisata mulai dari meningkatkan kolaborasi meningkatkan standarisasi pengusaha muda di bidang pariwisata sesuai standar, dukungan pendanaan, juga program pengembangan desa-desa wisata baru dengan One Village, One Entrepreneur," tegas Anggawira.

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Sedang Turun, Yuk Mulai Nabung Emas

Selasa, 22 November 2022 | 09:11 WIB

Harga Emas Turun, Segini Harga Beli dan Jual Terbaru

Sabtu, 19 November 2022 | 09:33 WIB

Siap-siap! Bunga Deposito Bank Ini Bakal Naik Lagi

Jumat, 18 November 2022 | 11:30 WIB
X