Belajar dari Kasus Mahasiswa IPB, Ini Tips agar tidak Terjerat Pinjol

- Jumat, 18 November 2022 | 11:10 WIB
Ilustrasi pinjol
Ilustrasi pinjol

HARIANHALUAN.COM - Kehadiran pinjaman online (pinjol) cukup membantu jika disikapi dengan bijak karena proses pencairannya cepat. Akan tetapi, pinjol justru membuat para debiturnya mengalami kesulitan.

Teranyar, kasus yang menimpa ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka dilaporkan terlilit pinjol dan ditagih debt collector dengan besaran mulai dari Rp3 juta hingga Rp13 juta per orang.

Baca Juga: Terungkap, Berikut Modus Penipuan Baru yang Menyebabkan Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol

Permasalahan itu berawal dari mengikuti pelatihan bisnis penjualan online dan akhirnya mereka diduga terpengaruh oleh seniornya masuk ke sebuah grup WhatsApp usaha penjualan online.

Bahkan, para mahasiswa itu lalu diminta berinvestasi dan dijanjikan keuntungan 10 persen per bulan dan meminjam modal dari pinjol.

Sayangnya, keuntungan bisnis itu ternyata tidak sebanding dengan cicilan pinjol yang dibebankan kepada mereka. Hingga mereka didatangi oleh para debt collector.

Baca Juga: Rektor IPB Ungkap Ratusan Mahasiswanya Terjerat Kasus Pinjol

Belajar dari masalah itu, tentu Anda selaku calon debitur tak ingin mengalami kejadian tak enak tersebut.

Untuk itu, Duitpintar.com di bawah PT Anugrah Atma Adiguna atau Triple A selaku pialang asuransi yang menyediakan asuransi online terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memberikan tips agar tidak terjerat pinjol.

1. Cek Platform Pinjol Berada di Bawah Pengawasan OJK

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X