Seberapa Hemat Kendaraan Listrik Dibanding BBM? Cek di Sini

- Minggu, 20 November 2022 | 22:53 WIB
Plugged in chargers into two electric cars at charge station (FRIMU EUGEN)
Plugged in chargers into two electric cars at charge station (FRIMU EUGEN)

HARIANHALUAN.COM - Tren mobil listrik makin menggema seiring dengan melonjaknya harga bahan bakar minyak (BBM). Kini, makin mudah menjumpai mobil listrik wara-wari di jalan raya beriringan dengan mobil berbahan bakar fosil.

Meski dipatok dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun mobil listrik mampu menempatkan posisinya di hati pemilik kendaraan karena diklaim jauh lebih hemat.

Baca Juga: Asyik! Pemerintah Godok Insentif Kendaraan Listrik, Harganya Bisa Lebih Murah

Seberapa hemat mobil listrik ketimbang yang memakai BBM? Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, kendaraan listrik mampu hemat 75% daripada yang berbahan bakar fosil.

“Secara keseharian, bisa lebih irit 75 persen dalam sehari dibandingkan dengan motor BBM. Kalau biasanya mengeluarkan uang Rp. 100 ribu sehari, ini Rp. 25 ribu saja sudah cukup,” terang Menhub di Jakarta, Minggu, 20 November 2022.

Baca Juga: Saingi Jepang! Pemerintah Dorong Komponen Kendaraan Listrik Buatan Dalam Negeri

Menurutnya, saat ini sudah banyak kendaraan listrik yang bentuknya keren, energi bersih, ramah lingkungan, dan lebih irit daripada kendaraan berbahan bakar fosil (BBM).

Berdasarkan hitungan yang dilakukan Ditjen Perhubungan Darat, satu liter BBM setara dengan 1,2 Kwh listrik. Dengan harga listrik per kWh Rp 1.444 atau dibulatkan Rp 1.500, berarti 1,2 kWh listrik harganya sekitar Rp 1.700.

Hal tersebut berarti penggunaan kendaran listrik jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan satu liter BBM yang saat ini seharga Rp 10.000-21.000.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kementerian Perhubungan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X