Pasca Pandemi Covid 19, Ini Kunci Transformasi Ekonomi Indonesia

- Rabu, 23 November 2022 | 14:22 WIB
Menteri Suharso Bilang Pasca Pandemi Covid-19, Ini Kunci Transformasi Ekonomi Indonesia (Bappenas)
Menteri Suharso Bilang Pasca Pandemi Covid-19, Ini Kunci Transformasi Ekonomi Indonesia (Bappenas)

HARIANHALUAN.COM - Kementerian PPN/Bappenas menyatakan kunci penting transformasi ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19 adalah reindustrialisasi.

Salah satu prioritas seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia adalah dengan peningkatan share industri pengolahan terhadap produk domestik bruto.

"Kementerian PPN/Bappenas ingin mengajak pemangku kepentingan untuk mari kita berpikir kembali, menyusun kembali strategi kita ke depan, dalam rangka reindustrialisasi, menempatkan industri dalam peta Indonesia, makro Indonesia, untuk percepatan pembangunan, untuk  kesejahteraan," jelas Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dikutip Harianhaluan.com dari situs resmi Kementerian Bappenas, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Teka-teki KIB Belum Deklarasi, Airlangga Tak Mau Konyol Butuh Kekuatan Tambahan

Menteri Bappenas mengatakan, Industrialisasi ke depan harus menjawab kebutuhan lifestyle baru, yang sustainable, smart, dan functional. Konsumen-konsumen semakin pandai, semakin smart, maunya affordable dan canggih.

"Dengan demikian, juga model-model bisnis akan berubah, permintaan tenaga kerja berubah dan demikian juga cara pembiayaan juga berubah," ujar Menteri Suharso.

Sebelumnya, Menteri Suharso menjelaskan, business as usual bukan lagi opsi untuk menghadapi krisis global saat ini.

Baca Juga: Mengenal dan Memahami Gempa Megathrust, Yuk Simak Ulasannya!

"Pemulihan berkelanjutan diperlukan untuk membangun masyarakat yang tahan dari krisis. Untuk itu, prioritas kita tidak hanya pertumbuhan, tetapi pembangunan yang inklusif," katanya.

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: bappenas.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X