Pentingnya Pengendalian IMEI Agar HP Kamu Tidak Kena Blokir, Cek Caranya Disini

- Kamis, 24 November 2022 | 16:36 WIB
Pengendalian IMEI agar Tidak Kena Blokir/Pixabay/lukgehr
Pengendalian IMEI agar Tidak Kena Blokir/Pixabay/lukgehr

HARIANHALUAN.COM - Perangkat HKT yang terdiri dari HP, Komputer Genggam dan Komputer Tablet sedang ramai diperbincangkan di Twitter terkait Pengendalian IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Pengendalian IMEI menurut Kominfo yang dilansir Harian Haluan dari kominfo.go.id, adalah soal perlindungan konsumen perangkat telekomunikasi dalam membeli dan menggunakan perangkat seperti HP, komputer genggam dan komputer tablet yang sah.

Sah berarti memberi kepastian hukum kepada operator dalam menyambungkan perangkat ke jaringan seluler. Pengendalian IMEI sangat penting bagi kamu yang baru saja ingin membeli perangkat HKT khususnya HP.

Baca Juga: Mau Beli HP Bekas? Cek Dulu Kelegalannya Melalui Nomor IMEI

Diberlakukannya pengendalian IMEI telah dilakukan sejak April tahun 2020.

Namun hingga saat ini masih ada saja masyarakat yang terkena blokir atau tidak bisa mengakses jaringan seluler pada perangkat HKT terutama HP. Akibat kurangnya perhatian terhadap pengendalian IMEI. 

Banyaknya penjual ilegal atau black market yang masih eksis di berbagai industri dagang elektronik. Harga yang miring serta  menggiurkan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen yang ingin membeli HP

Nyatanya, beberapa tipe HP yang secara resmi sudah tidak dijual rupanya masih tersedia di penjual dengan iming-iming IMEI yang aman.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara bagaimana mengecek IMEI agar perangkat yang dibeli selalu aman. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: kominfo.go.id

Tags

Terkini

Gampang Banget! Cara Menghilangkan Iklan HP Infinix

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:27 WIB
X