Mengenal VAR yang Selalu Disebut di Piala Dunia 2022, Harganya Capai Puluhan Miliar

- Jumat, 25 November 2022 | 07:07 WIB
VAR (Video Assistant Referee). (Fifa TV)
VAR (Video Assistant Referee). (Fifa TV)

HARIANHALUAN.COM - Perhelatan sepak bola sedunia, Piala Dunia 2022, sedang digelar di Qatar. Dalam setiap laga Piala Dunia 2022 ini VAR hampir selalu disebut ketika ada ketidakpuasan salah satu pihak yang bertanding.

Lantas, apakah yang dimaksud VAR dan apa pentingnya dalam pertandingan sepak bola? VAR merupakan singkatan dari Video Assistant Referee atau Video Asisten Wasit.

Yang dimaksud VAR dalam pertandingan sepak bola adalah teknologi yang dapat membantu wasit meninjau ulang sebuah insiden yang terjadi selama pertandingan berlangsung melalui tayangan ulang.

Baca Juga: Fatal! Blunder Kiper Portugal Bikin Ronaldo Ketar-Ketir

Tujuan penggunaan VAR adalah untuk meninjau keputusan pemberian kartu merah, keabsahan gol, penalti, maupun offside.

Wasit utama dapat mempertimbangkan keputusan yang akan diambilnya berdasarkan VAR.

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau International Football Association Board (IFAB) menyebut VAR berfungsi menegakkan aturan pertandingan sepak bola.

VAR diujicobakan pertama kali di Liga Belanda selama musim 2012-2013.

Sebagai badan FIFA yang menyusun regulasi pertandingan, International Football Association Board kemudian menguji coba VAR secara massif di beberapa pertandingan mulai tahun 2016.

Australia merupakan negara pertama yang mengaplikasikan VAR dalam salah satu pertandingan Liga A. Hingga akhirnya pada 2018 secara resmi IFAB menambahkan VAR dalam aturan FIFA.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Gampang Banget! Cara Menghilangkan Iklan HP Infinix

Rabu, 7 Desember 2022 | 10:27 WIB
X