Jokowi Ungkap Pembangunan Infrastruktur Membuahkan Hasil, Hindari Indonesia dari Resesi

- Sabtu, 26 November 2022 | 16:21 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan Pidatonya di hadapan relawan dalam acara Nusantara Bersatu, Sabtu, November 2022./RansEntertaintment
Presiden Jokowi menyampaikan Pidatonya di hadapan relawan dalam acara Nusantara Bersatu, Sabtu, November 2022./RansEntertaintment

HARIANHALUAN.COM – Relawan Jokowi menggelar acara pertemuan Nusantara Bersatu, Sabtu, 26 November 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Acara tersebut dilaksanakan oleh relawan Jokowi sebagai ajang silaturahmi dalam rangka konsolidasi sekaligus sebagai langkah mengumpulkan donasi untuk korban bencana gempa bumi di Cianjur.

Dihadapan relawan, Jokowi memulai pidatonya dengan mengilas balik perjalanan selama 8 tahun memimpin Indonesia.

Baca Juga: Heboh Pidato Jokowi Soal Rambut Putih, Endingnya Ditutup Doa Gempa

Ia menyampaikan kerja keras dalam pembangunan infrastruktur jalan tol, jembatan, jalan-jalan di desa, bandara dan pelabuhan baik di Jawa maupun di luar Jawa adalah sebuah pondasi untuk bersaing dengan negara-negara lain. 

“Tidak mungkin kita bersaing dengan negara-negara lain jika jalannya becek, tidak mungkin kita bersaing dengan negara-negara lain jika kita tidak punya airport di provinsi-provinsi yang kita miliki,” ujar Jokowi dikutip HarianHaluan.com melalui kanal youtube @RansEntertaiment.

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah berhasil menumbuhkan titik-titik perekonomian baru.

Jokowi membeberkan berapa contoh yang menjadi tempat tumbuhnya ekonomi baru karena pembangunan infrastruktur seperti Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang.

Selain itu ia juga menyampaikan tempat yang menjadi kawasan industri baru sebagai sentra perekonomian seperti di Morowali dan Weda di Maluku Utara.

Dengan semakin banyaknya tempat-tempat yang menjadi sentra perekonomian baru ini tumbuh, maka kita bisa membuka lapangan pekerjaan untuk menyerap banyak tenaga kerja.

Dalam pidatonya tersebut Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur besar-besaran selama ini telah menunjukkan hasil, terbukti dengan tumbuhnya perekonomian di angka 5,72 persen di kuartal ketiga tahun 2022.

“Sekarang kelihatan, di negara-negara lain sekarang sulit semuanya. Harga-harga di negara lain saat ini naik dua kali lipat 50%, tetapi di negara kita bisa kita kendalikan dengan baik,” ujarnya.

“Negara-negara besar sekarang ini resesi, negara kita masih bisa tumbuh 5,72 persen di kuartal ketiga,” tambah Jokowi.

Namun ia juga mengingatkan dihadapan relawannya, agar berhati-hati dan tetap waspada mengingat efek resesi kedepannya sulit untuk diprediksi.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Youtube @Rans Entertainment

Tags

Terkini

Begini Trik PLN Capai Target Bauran EBT di 2025

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:33 WIB
X