Segini Perkiraan Harga Sejumlah Motor Listrik Usai Dapat Subsidi

- Jumat, 2 Desember 2022 | 09:31 WIB
Ilustrasi motor listrik.
Ilustrasi motor listrik.

HARIANHALUAN.COM - Masyarakat bakal mendapat subsidi harga pembelian unit kendaraan motor dan mobil listrik. Pemerintah sedang mengkaji bakal memberikan subsidi kepada masyarakat untuk setiap pembelian kendaraan listrik, khususnya motor listrik sebesar Rp 6,5 juta per unit. 

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengaku sudah mengajukan usulan insentif tersebut kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dengan subsidi harga ini maka harga motor listrik maupun mobil listrik makin murah, bisa jauh di bawah Rp 10 juta yang termurah dan termahal hanya sekitar Rp 20 jutaan.

Baca Juga: Catat Janji Luhut: Masyarakat yang Beli Motor Listrik Dapat Subsidi

"Kalau ada subsidi dari negara, negara atau Kemenkeu punya space fiskal untuk itu, Alhamdulillah. Kebijakan fiskal kan ada di Kemenkeu, kami mengusulkan," ucapnya.

Wacana pemberian insentif ini awalnya diungkapkan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Di mana, katanya pemerintah tengah melakukan finalisasi aturan pemberian subsidi sekitar Rp 6,5 juta untuk pembelian per unit motor listrik. Hal yang sama juga tengah disiapkan untuk pemberian subsidi mobil listrik.

Baca Juga: Touring Berbarengan dengan KTT G20, Mobil dan Motor Listrik Unjuk Gigi

"Subsidi sepeda motor sedang finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi, sepeda motor mungkin Rp 6 juta. Di Thailand Rp 7 juta, di kita mungkin Rp 6,5 juta, kira-kira berkisar segitu. Mobil berapa juta kita mau kasih," ungkap Luhut dalam acara Welcoming Stronger Investment Post-Pandemic, dikutip. 

Berikut line up motor listrik di RI dan harganya (sebagian besar off the road):

1. Davigo Dragon Rp 18,7-21,97 juta
2. Davigo Space Rp 18,7 juta
3. Davigo Forza Rp 14,97 juta
4. Uwinfly Golden Turtle Rp 9,9 juta
5. Winfly T3 Scooter Rp 13,49 juta
6. U-Winflya Type New Love Rp 8,49 juta
7. Polytron Fox-R Rp 16,5 juta
8. Gesits Rp 28 juta
9. Alva One Rp 34,9 juta
10. Selis Rp 22-28 juta
11. Viar Q1 18 juta. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Trik PLN Capai Target Bauran EBT di 2025

Sabtu, 4 Februari 2023 | 09:33 WIB
X