Charger Laptop Rusak Jangan Keburu Ganti, Cek Bagian Ini Dulu

- Selasa, 6 Desember 2022 | 17:26 WIB
Ilustrasi charger laptop rusak (telset.id)
Ilustrasi charger laptop rusak (telset.id)

HARIANHALUAN.COM – Salah satu bagian penting laptop adalah charger yang memiliki fungsi sebagai pemberi sumber listrik, sekaligus mengisi daya baterai.

Tak hanya itu, charger laptop juga berfungsi layaknya stabilizer, yaitu mencegah tegangan listrik yang naik-turun masuk ke laptop.

Laptop pun menjadi lebih awet karena tegangan yang masuk dalam kondisi stabil sehingga komponen di dalamnya tidak cepat rusak.

Namun terkadang seiring usia pemakaian, charger laptop dapat menurun fungsinya. Bahkan, ada yang sampai tak bisa digunakan lagi untuk mengisi daya baterai.

Baca Juga: Cari Notebook Murah? Ketahui Dulu Bedanya dengan Laptop biar Tidak Kecewa

Baca Juga: Beli Laptop Seken, Wajib Cek Bagian Penting ini Sebelum Kamu Terlanjur Beli

Eits, jangan keburu panik dan membeli charger baru ya guys. Sejatinya, ada cara sederhana untuk mengakali charger laptop yang rusak agar berfungsi kembali. Simak ulasannya berikut ini.

Charger laptop memiliki dua bagian utama, yaitu adaptor dan kabel. Kedua bagian tersebutlah yang pertama kali diperiksa jika ada kendala dalam charger laptop.

Untuk mengisi daya baterai, arus listrik mengalir melalui kabel dari sumbernya menuju baterai laptop. Jika ada kendala dalam mengisi daya baterai laptop maka periksalah kabelnya apakah berfungsi dengan baik atau rusak, misalnya terkelupas.

Halaman:

Editor: Mufrod

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cari HP 5G? Ini Rekomendasi Terbaik per Januari 2023

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:07 WIB

Mengenal Apa itu Snaptik hingga Cara Menggunakannya

Minggu, 29 Januari 2023 | 10:46 WIB
X