Pebisnis Harus Catat! Ternyata ini Rahasianya jika Ingin Usaha Rumah Makan Padang Laris Manis

- Rabu, 1 Februari 2023 | 12:11 WIB
Ilustrasi masakan Padang.
Ilustrasi masakan Padang.

HARIANHALUAN.COM - Rumah Makan Padang adalah salah satu bisnis yang tidak pernah lekang oleh waktu. Salah satu makanan khasnya adalah rendang, menjadi makanan favorit orang Indonesia.

Saking banyaknya orang menyukai cita rasa rendang. Rendang terkenal sampai ke mancanegara, hingga masuk ke kategori makanan terbaik di dunia.

Baca Juga: Sudah Tau? Rumah Makan Padang Sederhana Punya 3 Kode Khusus, Ternyata ini Artinya

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang ingin membuka bisnis rumah makan padang. Rendang yang sangat populer pasti akan mendatangkan omset yang besar.

Dalam membangun bisnis rumah makan Padang, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilij lokasi yang strategis. Pastikan lokasi rumah makan Padang berada di tempat yang banyak orang berlalu lalang.

Hal ini akan membuat rumah makan Padang anda berada di jangkauan orang-orang, rata-rata penjual masakan Padang berada di pinggir jalan agar mudah dijangkau oleh para pengendara.

Baca Juga: Deretan Pendiri Rumah Makan Padang Terkenal di Indonesia, Pagi Sore Punya Siapa, Sih?

Selanjutnya, pilih menu makanan yang akan dijual. Seperti rendang, daun singkong, otak sapi, aneka ayam, gulai, sambal hijau, kuah santan, aneka telur, udang balado, asam padeh, dll.

Setelah itu, lakukan riset harga makanan tersebut. Jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah. Pilihlah rata-rata dari harga tersebut. Jika masakan padang anda mempunyai bumbu atau cita rasa unik, anda bisa membuat perbedaan harga untuk masakan tersebut.

Dalam melakukan riset pasar, anda bisa melakukan Mystery Shopping dengan datang ke beberapa rumah makan padang, atau anda bisa melakukan riset melalui internet.

Setelah riset harga pasar, carilah langganan bahan baku agar anda bisa memproduksi makanan dalam jumlah banyak.

Jika anda memasak masakan dengan resep sendiri, pastikan karyawan atau tenaga kerja anda merahasiakan resep tersebut agar tidak diambil oleh kompetitor.

Selanjutnya, konsistenlah dalam berjualan. Perhatikan cita rasa, porsi makanan, pelayanan, dan kebersihan tempat.

Dalam memiliki bisnis rumah makan padang, berdasar dari berbagai sumber, omset yang anda dapatkan perharinya adalah sekitar satu juta.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Royal Enfield Buka Gerai Eksklusif di Surabaya

Senin, 20 Maret 2023 | 14:37 WIB
X