Cek Fakta: Barang-Barang Pemberian Pebalap MotoGP Untuk Penonton Bakal Dilelang Negara, Ini Faktanya

- Sabtu, 2 April 2022 | 11:32 WIB
Tangkapan layar dari uggahan pengguna Facebook terkait barang-barang yang akan dilelang DitjenKN
Tangkapan layar dari uggahan pengguna Facebook terkait barang-barang yang akan dilelang DitjenKN

HARIAN HALUAN - Sebuah akun Facebook mengunggah foto seorang pria yang berhasil mendapatkan helm milik Alex Espargaro saat perhelatan MotoGp Mandalika lalu. 

Dalam unggahan tersebut terdapat narasi bahwa barang-barang yang didapatkan penonton dari para pembalap disita dan dilelang oleh pemerintah untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN)

“Barang² “berharga” dari balapan MotoGP disita & dil3lang utk b4ntu pemb4gun4n 1KN. Kasihan fans motoGP Indonesia ya," tulis akun tersebut.

Baca Juga: Cek Fakta: Viral Video Bernarasi Hentikan Putin Ternyata Salah

Berdasarkan penelusuran tim cekfakta.com, dilansir dari akun Twitter @DitjenKN menegaskan bahwa barang-barang yang dilelang bukanlah yang didapatkan oleh para penonton.

“Merch pemberian pembalap yang akan dilelang oleh @kpknl_mataram bukan merch yang diberikan pada penonton yaa. Merch yang diberikan pada penonton tidak ada tandatangan pebalapnya, sedangkan yang akan dilelang ada ttd dan sepenuhnya untuk tujuan amal,“ tulis akun twitter DitjenKN

Barang-barang yang akan dilelang @DitjenKN adalah merchandise pemberian pembalap ke ITDC, MGPA, dan Kemenkeu untuk tujuan amal, bukan barang-barang dari pembalap yg diberikan ke penonton. Jadi barang yang diterima penonton tetap jadi milik masing-masing dan tidak ada kaitan dengan lelang.

Baca Juga: Klarifikasi Lelang Barang MotoGP, Bukan Merchandise Pemberian Pembalap ke Penonton

Sementara itu, pemeriksa cekfakta.com pun menghubungi pria bernama Fian yang berhasil mendapatkan helm milik Alex Espargaro yang sempat viral saat perhelatan MotoGp Mandalika. Melalui pesan langsung lewat akun Instagramnya @fian_taz .

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

IPB Rilis Daftar Sayuran Anti Kanker, Apa Benar?

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:20 WIB
X