Membahas Berapa Banyak yang Tewas dalam Perang Rusia-Ukraina?

- Selasa, 5 April 2022 | 22:42 WIB
Mayat seorang prajurit di dekat kendaraan militer Rusia yang hancur. Foto: AFP via Getty Images / The Conversation / Sergey Bobok
Mayat seorang prajurit di dekat kendaraan militer Rusia yang hancur. Foto: AFP via Getty Images / The Conversation / Sergey Bobok

HARIANHALUAN.COM - Kabut perang Rusia-Ukraina berlangsung dan masing-masing pihak memiliki inisiatif untuk melebih-lebihkan dan mengecilkan korban militer mereka yang tewas di medan perang.

Mereka yang memulai perang sering kali berasumsi optimis bahwa pertempuran akan berlangsung cepat, terkendali, dan korban jiwa akan rendah. 

Ketika banyak mayat mulai pulang atau ditinggalkan di medan perang, itu adalah tanda bahwa perang bukanlah tentang itu.

Baca Juga: Gaung Ancaman China! Hanya Sisi Bisnis Senjata AS Meraup Untung?

Pernyataan pertama Kremlin tentang korban militer Rusia dalam invasi mereka ke Ukraina, pada 2 Maret 2022, mencatat bahwa 498 tentara tewas dan 1.597 terluka. 

Dan selama berminggu-minggu media Rusia terus menyarankan, tanpa memberikan angka sebenarnya, bahwa jumlah tentara mereka yang tewas dan terluka di Ukraina sangat sedikit.

Namun pada 21 Maret, tabloid Rusia Komsomolskaya Pravda melaporkan bahwa 9.861 tentara Rusia tewas dan 16.153 terluka.

Baca Juga: Analisa: Bahaya Ekstra dari China yang Memuncak

Laporan itu hanya muncul sebentar sebelum dihapus, dan surat kabar pro-pemerintah mengatakan angka-angka itu tidak nyata melainkan hasil peretasan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X