Cek Fakta: Ratusan Bus Pendemo Disuruh Putar Balik di Pelabuhan Bakauheni, Ternyata Ini Faktanya

- Selasa, 12 April 2022 | 12:24 WIB
Tangkapan layar video pemutarbalikkan ratusan bus di Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak
Tangkapan layar video pemutarbalikkan ratusan bus di Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak

HARIAN HALUAN - Sebuah narasi video menyebutkan bahwa ratusan bus dari Sumatera menuju Jakarta untuk demo kemarin disuruh putar balik oleh pemerintah di Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak.

Hal ini diketahui lewat unggahan sebuah akun twitter @KotakPandora5 yang mengunggah video memperlihatkan ratusan bus yang menuju Jakarta diputarbalikkan secara paksa oleh polisi di Pelabuhan Bakauheni.

"Saat ini seluruh bus se-Sumatera yang menuju Jakarta untuk demo hari Senin diputar balik oleh rezim laknat ini di Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak. Rezim pengecut," tulis narasi di video tersebut.

Baca Juga: Cek Fakta: Seekor Ular Raksasa Lilit Mobil Van, Ternyata Ini Faktanya

Kejadian tersebut diklaim terjadi pada 9 April 2022 lalu dan akun @KotakPandora5 juga menegaskan bahwa pemutarbalikkan bus-bus tersebut karena pemerintah melarang terjadinya demo pada Senin lalu.

Seperti dilansir HarianHaluan.com dari cekfakta.com pada Selasa 12 April 2022, berdasarkan hasil penelusuran kejadian tersebut terjadi pada 6 Juli 2021.

"Video serupa diunggah oleh akun YouTube Lampung TV, dengan penjelasan bahwa polisi setempat tidak menoleransi penyeberang ke Pulau Jawa tanpa sertifikasi vaksin dan tes rapid atau swab antigen yang lengkap," tulis pemeriksa Cek Fakta Evarizma Zahra.

Baca Juga: Cek Fakta: Foto Kotak Saweran Untuk Ibu Kota Negara Baru Beredar, Ini Faktanya

Ia menjelaskan bahwa informasi serupa juga disebarkan oleh akun Instagram @orangbakau yang diunggah pada 6 Juli 2021, dimana penyebabnya sudah dikonfirmasi karena ketidaklengkapan hasil tes dan sertifikasi vaksin, bukan karena pelarangan demo di Jakarta.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X