Cek Fakta: CNN Beritakan Hotel di Ukraina Dibom Oleh Rusia, Ini Faktanya

- Selasa, 12 April 2022 | 12:39 WIB
Tangkapan layar tweet palsu CNN yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab
Tangkapan layar tweet palsu CNN yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab

HARIAN HALUAN - Beberapa waktu lalu, beredar sebuah informasi di media sosial yang mengklaim CNN mengarang cerita tentang serangan bom di sebuah hotel di Ukraina dalam sebuah tweet dengan menunjukkan foto hotel hancur.

Dalam tangkapan layar tersebut CNN membuat tweet yang berbunyi 'Ini adalah sisa-sisa hotel resor Ukraina yang dulu terkenal setelah serangan udara oleh pembom Rusia #StandingWithUkraina'.

"Tangkapan layar tersebut kemudian disebar ulang dengan klaim tertentu dan setelah ditelusuri, informasi tersebut salah," kata pemeriksa Cek Fakta Fathia IS.

Baca Juga: Cek Fakta: Ratusan Bus Pendemo Disuruh Putar Balik di Pelabuhan Bakauheni, Ternyata Ini Faktanya

Ia mengatakan faktanya CNN tidak melaporkan cerita seperti itu dan mengatakan bahwa tweet tersebut palsu.

CNN tidak mempublikasikan foto atau teks itu karena berkaitan dengan liputan perang kami yang sedang berlangsung di Ukraina,” kata Humas CNN, Matt Dornic kepada AFP seperti dilansir HarianHaluan.com dari CekFakta.com pada Selasa 12 April 2022.

Selain itu dikatakannya, juga tidak ditemukan jejak tweet di akun resmi CNN Breaking News dan belum melaporkan sebuah hotel yang digunakan oleh wartawan di Ukraina, pada 25 Maret.

Baca Juga: Cek Fakta: Seekor Ular Raksasa Lilit Mobil Van, Ternyata Ini Faktanya

"Tangkapan layar dari tweet tersebut dipalsukan oleh Majkonski yang secara teratur memposting konten satir dan sebelumnya membagikan tweet palsu CNN yang saat ini sudah dihapus," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X