Cek Fakta: Pernyataan Wakil Ketua MUI Anwar Abbas Tentang Label Halal

- Jumat, 15 April 2022 | 13:11 WIB
Tangkapan lawar unggahan akun Facebook Anto Abudhany Java pada 15 Maret 2022 di sebuah grup Facebook
Tangkapan lawar unggahan akun Facebook Anto Abudhany Java pada 15 Maret 2022 di sebuah grup Facebook

HARIAN HALUAN - Sebuah unggahan akun Facebook Anto Abudhany Java pada 15 Maret 2022 di sebuah grup Facebook mengatakan 'Kalau Label Halal Diambil Kemenag, Lalu Pengurus MUI Makan Apa?'.

Unggahan tersebut juga menyertakan gambar Wakil Ketua MUI Anwar Abbas saat sedang diwawancarai dan gambar tersebut juga dibubuhi logo R yang yang merupakan logo media Republika.

Namun setelah ditelusuri oleh Ramah dari CekFakta.com ternyata tidak benar, baik pernyataan maaupun gambar yang ditampilkan.

Baca Juga: Cek Fakta: Kebakaran di Lokasi Syuting, Pemeran Ikatan Cinta Meninggal Dunia

"Setelah ditelusuri tidak ada informasi terkait pernyataan yang beredar dan gambar Anwar Abbas, Sekjen MUI merupakan potongan video yang ditemukan dalam artikel Republika.co.id berjudul Anwar Abbas Sesalkan Pernyataan Menag Soal Fatwa MUI terbit pada Desember 2016," kata Ramah.

Ia menjelaskan seperti dilansir dari situs kemenag.go.id, awalnya setifikasi halal dan pemberian logo berada di bawah kewenangan MUI, tapi pasca terbitnya UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, proses sertifikasi halal melibatkan tiga institusi yakni MUI, BPJPH dan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

"Kepala Pusat Registrasi Halal BPJPH mengatakan, sertifikat halal akan diterbitkan jika telah melewati sidang fatwa MUI soal kehalalan produk dan label halal baru bisa dicantumkan dalam kemasan jika produk telah mendapat sertifikasi halal dari BPJPH," ujarnya.

Baca Juga: Cek Fakta: Keliru, Sebuah Informasi Tentang Kehadiran Ade Armando di DPR RI Dari CNN

Sehingga berdasarkan penjelasan tersebut maka postingan Kalau Label Halal Diambil Kemenag, Lalu Pengurus MUI Makan Apa? adalah konten yang dimanipulasi.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

IPB Rilis Daftar Sayuran Anti Kanker, Apa Benar?

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:20 WIB
X