Waspada Gejala Hepatitis Akut Lebih Banyak Infeksi Anak Balita

- Rabu, 11 Mei 2022 | 11:21 WIB
Ilustrasi Pasien Hepatitis Akut (Unsplash/National Cancer Institute)
Ilustrasi Pasien Hepatitis Akut (Unsplash/National Cancer Institute)

HARIAN HALUAN - Ancaman penyakit Hepatitis akut kian nyata melanda dunia bahkan Indonesia juga diduga sudah dijangkit dan sampai saat ini sudah ada korban jiwa, 3 anak dilaporkan meninggal.

Setiap orang tua sudah selayaknya mewaspadai infeksi dari penyakit yang masih misterius ini dengan cara mengetahui gejalanya.

Bahkan penyakit ini umumnya menyerang anak balita atau usia dibawah lima tahun dan usia 16 tahun ke bahwa juga masih rentan oleh infeksi ini.

Baca Juga: Ini Sumber Penularan Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Harus Terapkan Ini

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan melakukan tindakan pencegahan yakni dengan menjaga kebersihan diri.

"Virus ini menularnya lewat asupan makanan yang lewat mulut, jadi kalau bisa rajin cuci tangan saja supaya kita pastikan yang masuk ke anak-anak kita," kata Menkes 

"Kan ini menyerang banyak di bawah 16 tahun dan lebih banyak lagi di bawah 5 tahun, itu bersih," ujar Menkes dalam keterangan pers dilansir dari Setkab.go.id pada Rabu 11 Mei 2022.

Baca Juga: Menyoal LGBT, Mahfud MD: Nilai-nilai Pancasila Belum Semua Jadi Produk Hukum

Menkes menyatakan untuk mengetahui gejala Hepatitis akut secara umumnya yakni, mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

IPB Rilis Daftar Sayuran Anti Kanker, Apa Benar?

Selasa, 5 Juli 2022 | 15:20 WIB
X