Jangan Khawatir Iuran JKN-KIS Menunggak, Solusinya Manfaatkan Program REHAB

- Jumat, 20 Mei 2022 | 09:40 WIB
Jangan Khawatir Iuran JKN-KIS Menunggak, Solusinya Manfaatkan Program REHAB/Kepala BPJS Kesehatan Solsel, Desi Oktarina
Jangan Khawatir Iuran JKN-KIS Menunggak, Solusinya Manfaatkan Program REHAB/Kepala BPJS Kesehatan Solsel, Desi Oktarina

HARIAN HALUAN - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang kesulitan dalam membayar tunggakan iuran bulanan, ada solusi yang diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Solusi yang ditawarkan BPJS Kesehatan yakni, supaya peserta JKN-KIS yang menunggak bisa memanfaatkan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB).

Tunggakan iuran JKN-KIS dipengaruhi oleh banyak faktor, ada karena lupa karena kesibukan rutinitas pekerjaan dan adapula disebabkan kesengajaan yang ditunda-tunda pembayarannya.

Baca Juga: Cek Kesehatan Mudah, di Solsel Sudah 483 Orang Mencoba Guna Deteksi Risiko 4 Penyakit Ini

Kepala BPJS Kesehatan Solok Selatan (Solsel), Desi Oktarina saat menjawab pertanyaan Harian Haluan terkait tantangan yang dihadapi peserta JKN-KIS, salah satunya tunggakan yang menjadi hambatan. Terutama, peserta mandiri.

"Sebetulnya, tunggakan iuran bagi peserta adalah persoalan klasik dan Kami juga sudah menyediakan opsi solusi untuk menyikapi tunggakan peserta," kata Desi pada Harian Haluan pada Jumat, 20 Mei 2022.

Pihaknya menawarkan solusi kepada peserta JKN untuk memanfaatkan program REHAB dengan syarat dan ketentuan yang telah diatur.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Online di Aplikasi Mobile JKN

Menurutnya, syarat bagi peserta yang bisa memanfaatkan program REHAB adalah bukan dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X