Apakah Sekuritas Bank Pilihan Terbaik? Simak Tips Memilih Sekuritas Untuk Investor Pemula

Heldi Satria
- Senin, 13 September 2021 | 16:16 WIB
foto: unsplash.com
foto: unsplash.com

HARIANHALUAN.COM - Meskipun setiap orang dapat melakukan investasi di pasar modal, tidak semua investor mahir dalam berinvestasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya investor yang sering mengalami kerugian karena tidak mengetahui tips membeli saham, maupun ketidaktahuan membeli saham dan tidak mengetahui waktu yang cepat untuk membeli maupun menjual saham. Salah satu hal yang penting bagi investor pemula adalah memilih sekuritas yang cocok dengan kebutuhan mereka.

Sekuritas adalah sebuah kepemilikan modal maupun bukti utang dalam bentuk surat berharga yang diperjualbelikan. Produk sekuritas terdiri atas reksa dana, obligasi, saham, sertifikat deposito, kupon, maupun hipotek. Oleh karena itu, Berikut pemahaman dan dan tips memilih sekuritas untuk investor Pemula.

PENGERTIAN SEKURITAS

Sekuritas adalah salah satu produk yang ada pada pasar modal. Secara umum, sekuritas merujuk pada produk investasi seperti saham dan obligasi. Kata sekuritas ini diambil dari Bahasa Inggris yaitu Security dan Securities (dalam bentuk jamak) yang artinya “keamanan”. Meski demikian kata bermaksud pada arti “jaminan” atau secure.

 Dalam pengertian lebih dalam, sekuritas adalah bentuk ketika seseorang yang ingin berutang, mereka akan memberi jaminan berupa properti. Beberapa waktu kemudian, kata sekuritas ini diartikan sebagai dokumen jaminan, surat pernyataan hutang, dan menjadi istilah dari surat berharga.

 Sekuritas sering disimpulkan sebagai surat hutang yang mudah dicairkan dalam bentuk uang maupun kas. Biasanya perusahaan membuat sekuritas lalu dijual ke nasabah melalui pasar modal.

PERKEMBANGAN SEKURITAS INDONESIA

Berkembangnya jaman dan kesadaran masyarakat untuk melakukan investasi kian meningkat. Kesadaran tersebut kemudian membuat pertumbuhan sekuritas menjadi ladang yang semakin subur. Tidak hanya itu, tingginya pertumbuhan sekuritas semakin melonjak sejak pandemi 2020 kemarin.

Berdasarkan beberapa artikel yang ditemukan, terdapat lebih dari seratus perusahaan sekuritas Indonesia, baik berasal dari BUMN, swasta nasional, maupun perusahaan sekuritas asing.

TIPS MEMILIH SEKURITAS

Banyaknya sekuritas Indonesia tentu akan membingungkan investor pemula. Oleh karena itu, terdapat tata cara dan hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih yang terbaik.

  1. Tercatat secara resmi sebagai Anggota Bursa di Bursa Efek Indonesia

Sebagai perusahaan yang tepercaya, perusahaan sepantasnya memiliki sertifikat perantara pedagang efek. Hal yang tidak kalah penting adalah mereka harus tercatat sebagai anggota Bursa di Bursa Efek Indonesia. Untuk mengecek kebenaran perusahaan sekuritas, Anda dapat mengecek melalui website resmi IDX (Indonesia Stock Exchange).

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Rabu, 29 Juni 2022 | 13:22 WIB

PLN Sumbar Kembali Adakan Light Up the Dream

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:52 WIB
X