Bintan Kepri Diincar Sebagai Pengembangan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas

- Senin, 13 September 2021 | 16:48 WIB
Keindahan Pulau Bintan
Keindahan Pulau Bintan


HARIANHALUAN.COM- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bekerja sama dengan Kemenko Perekonomian menyelenggarakan Diskusi Terbatas “Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Bintan: Peluang dan Tantangan" sebagai sarana untuk menjaring masukan para pemangku kepentingan (9/9/2021).

Staf Ahli Bidang Hubungan Antar lembaga, Muhsin Syihab dalam sambutannya menekankan bahwa pengembangan KPBPB sangat penting dan sejalan dengan upaya diplomasi ekonomi yang menjadi salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia saat ini.

KPBPB Bintan diharapkan mampu menarik investasi asing dan menciptakan lapangan kerja baru dan menjadi katalis untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Gubernur Kepulauan Riau menyampaikan bahwa Kawasan Ekonomi Khusus Bintan memiliki fokus pada sektor pariwisata, maritim, perhubungan, perdagangan, perbankan dan sektor ekonomi pendukung lainnya. Dengan potensi yang besar, Bintan diharapkan dapat menjadi pusat investasi dan pariwisata berkelas internasional.

Pandangan dan arahan tersebut menjadi pokok dalam diskusi dimana narasumber memberikan masukan yang sangat strategis bagi pengembangan KPBB Bintan.

Selain beragam masukan, diskusi juga mencatat perlunya pemerintah bersinergi untuk meyakinkan investor akan kepastian hukum dan tata Kelola pemerintah yang baik.

Selain itu, sudah waktunya pengeksekusian program yang ada dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan, Pusat dan daerah.

Menutup diskusi, Kapus P2K2 Aspasaf menyampaikan bahwa hambatan bagi pengembangan KPBPB Bintan harus diselesaikan secara komprehensif yang juga dapat difokuskan pada integrasi Kawasan ASEAN sehingga kedepannya Kawasan PBPB dapat menjadi kawasan perdagangan bebas berkelas dunia. (*)

Editor: Jefli Bridge

Sumber: kemlu.go.id

Tags

Terkini

S&P dan Nasdaq Melejit, Investor Makin Optimis

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:46 WIB

Jokowi: Stok Beras Nasional Capai 10,2 Juta Ton

Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:18 WIB

Indonesia Bakal Disalip Malaysia, Kok Bisa?

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:50 WIB
X