Menyongsong Transformasi Digital UMKM, Apa Tantangan yang Perlu Dihadapi?

- Sabtu, 25 September 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Transformasi digital menjadi suatu keniscayaan jika industri ingin pulih dan berkembang di masa pandemi, termasuk untuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah UMKM. Namun, para pelaku UMKM memang memerlukan sokongan dan dorongan untuk memanfaatkan teknologi digital ini.

Akselerasi transformasi digital bagi pelaku UMKM juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani.

Baca Juga: Pastikan Ekonomi Rakyat Tetap Bergerak, Menko Airlangga Tinjau UMKM Rumahan di Surakarta

Menurut Puan, digitalisasi pemasaran bagi UMKM akan mampu mendorong perekonomian masyarakat di era pandemi Covid-19, dan pada akhirnya dapat pula berkontribusi untuk perekonomian nasional.

“Jadi membantu UMKM artinya membantu tulang punggung ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah sudah benar dengan membantu UMKM kita melakukan transformasi digital,” kata eks Menko PMK periode 2014-2019 ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, UMKM Indonesia jika dilihat ukuran masing-masing individunya kecil, tetapi kalau dipadukan akan jelas terlihat sekali besarnya kontribusi UMKM kepada ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Ketersedian Rest Area Tol Bagi Pelaku UMKM Capai 70 Persen

Pasalnya, UMKM menyerap 97% tenaga kerja Indonesia dan kontribusinya terhadap PDB Indonesia mencapai sekitar 61%. Puan pun menekankan produk-produk UMKM melalui platform digital atau e-commerce justru berkembang sehingga pelaku UMKM dituntut untuk adaptif.

"Termasuk dari segi kompetisinya. Sehingga sebagai tulang punggung perekonomian, UMKM harus terus diperkuat lewat berbagai program, salah satunya dengan program Transformasi Digital UMKM Presisi,” ucap dia.

Penguatan UMKM, lanjut Puan, merupakan kerja bersama anak banga untuk memperkuat perekonomian nasional. Gotong royong pemerintah dan swasta lewat penguatan UMKM diharapkan bisa membantu memulihkan perekonomian setelah terimbas pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Jokowi Minta Daerah Fokus Produk Unggulan Sendiri

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:28 WIB

Wow! Harga Bitcoin Hampir Sentuh Rp1 Miliar

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:21 WIB

Mendag Evaluasi HET Beras, Bakal Naik atau Turun?

Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:11 WIB

Islam Dongkrak UMKM Sumbar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:33 WIB

Hari Ini Rupiah Kembali Melemah ke Rp 14.100/US$

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:05 WIB

Harga Emas Antam Naik Seribu, Jadi Rp915.000/Gram

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:56 WIB

Terpopuler

X