WhatsApp, Facebook dan Instagram Kompak Down, Saham Medsos Milik Mark Zuckerberg Anjlok 5 Persen

Rahma Nurjana
- Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:30 WIB
Ilustrasi facebook (Foto: dok Sindo News)
Ilustrasi facebook (Foto: dok Sindo News)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tiga aplikasi media sosial sejak semalam dilaporkan mengalami gangguan di seluruh dunia. Ketiga aplikasi tersebut adalah, pesan instan WhatsApp, sosial media Facebook dan Instagram.

Efek dari gangguan tersebut, saham Facebook langsung anjlok (-5,73%) di USD 323,34 pada Selasa (5/10) pukul 01:41 WIB.

Saat ini, media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut tengah menghadapi masalah usai dituduh lebih mementingkan pendapatan daripada menahan ujaran kebencian dan hoax di platform mereka. Keluhan ini membuat anggota parlemen di Eropa menyerukan penyelidikan atas tuduhan tersebut.

Dari dalam negeri, gangguan ini terjadi pada Senin malam (4/10) sebelum melewati tengah malam waktu Indonesia. Pihak Facebook sendiri telah mengonfirmasi masalah ini tetapi tidak memberikan alasan spesifik perihal masalah yang melatarbelakangi gangguan tersebut.

Kepada para penggunanya, Facebook mengaturkan permohonan maaf dan menyatakan bakal segera memulihkan layanannya.

"Kami sedang berusaha untuk memulihkan semuanya menjadi normal lagi secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Facebook dalam situs web resminya, dikutip dari Sindo News, Selasa (5/10/2021).

Sementara menurut pakar keamanan siber, gangguan ini bisa dipicu oleh kesalahan konfigurasi, yang mungkin bisa terjadi akibat adanya kesalahan di internal.

Di sisi lain, asumsi adanya sabotase dari pihak eksternal juga mungkin bisa jadi salah satu pemicu, dilansir Reuters, Selasa (5/10/2021). (*)

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Sindo News

Tags

Terkini

Hari Ini 13 Mei 2022, IHSG Melorot ke 6.597

Jumat, 13 Mei 2022 | 22:08 WIB
X