Perempuan Penjaga Seni Membatik Terancam Punah akibat Himpitan Pandemi

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:45 WIB
Perempuan membatik.
Perempuan membatik.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Batik dan perempuan telah lama menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Di Desa Jarum, Bayat, Klaten, Jawa Tengah, salah satunya. Di Desa yang terkenal sebagai desa penghasil kain batik tulis dari bahan alami ini, hanya perempuan yang diperbolehkan membatik.

Alasan yang mendasar, menurut salah satu penduduk setempat, karena perempuan bisa bekerja dengan lebih bagus dan teliti. Pasalnya, membatik bukan pekerjaan untuk sembarang orang, terlebih batik tulis. Perlu keuletan dan ketelitian agar corak batik yang dihasilkan rapi juga indah.

Baca Juga: Jangan Ngaku Orang Indonesia Kalau Belum Tahu Makna dari Motif Batik yang Populer Ini

Jika memutar sejarah ke belakang, seni membatik memang telah didominasi oleh perempuan sejak sebelum Indonesia merdeka. Menurut Dipo Alam, pendiri Yayasan Batik Indonesia, baik pelaku usaha maupun tenaga kerja di industri batik sejak awal perkembangannya telah didominasi oleh kaum hawa.

Secara sosiologis, menurut Dipo, perempuan di Jawa khususnya dan beberapa daerah lainnya di Indonesia, memang memiliki peran dominan dalam kehidupan ekonomi.

Baca Juga: Penampilan Batik di Jerman pada Pameran Seni dan Budaya Indonesia

Ketika itu, di tengah kultur feodal dan juga priyayi, laki-laki biasanya diharapkan untuk bekerja di lembaga pemerintahan daripada berdagang. Pekerjaan sebagai pedagang dianggap lebih rendah derajatnya dibanding menjadi pegawai.

Sementara itu, di kalangan rakyat biasa, laki-laki biasanya bekerja di sektor pertanian sebagai petani produsen. Inilah menurut Dipo yang telah membuat kegiatan ekonomi dan perdagangan di Jawa banyak diisi oleh kaum perempuan, termasuk industri batik rakyat.

Kini, kondisi dunia telah jauh berbeda. Dipo mengutip beberapa pakar marketing yang menyebut bahwa zaman sekarang terjadi gelombang budaya baru alias “New Wave Culture”.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Mendag Evaluasi HET Beras, Bakal Naik atau Turun?

Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:11 WIB

Islam Dongkrak UMKM Sumbar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:33 WIB

Hari Ini Rupiah Kembali Melemah ke Rp 14.100/US$

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:05 WIB

Harga Emas Antam Naik Seribu, Jadi Rp915.000/Gram

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:56 WIB

Sumbar Lakukan Diversifikasi Produk Makanan Ringan IKM

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:59 WIB

Terpopuler

X