Pupuk Kaltim Garap Peluang Bisnis Suku Cadang Lintas Industri dan Jasa Pemeliharaan Pabrik

Milna Miana
- Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

BONTANG, HARIANHALUAN.COM - Sebagai produsen pupuk urea terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) memiliki kapasitas produksi dalam skala besar yang ditopang oleh pabrik-pabrik dengan teknologi mutakhir. Saat ini Pupuk Kaltim memiliki 5 unit pabrik Urea kapasitas 3,4 juta ton per tahun, 5 unit pabrik Amoniak kapasitas 2,78 juta ton per tahun dan pabrik NPK kapasitas 350 ribu ton per tahun.

Sebagai produsen pupuk, Pupuk Kaltim memiliki pabrik dengan tingkat kompleksitas operasional tinggi, yang tentunya membutuhkan tenaga ahli dan tim khusus yang berpengalaman, mulai dari mengoperasikan pabrik hingga melakukan pemeliharaan. Untuk tujuan tersebut, Pupuk Kaltim memiliki sebuah unit kerja yang dinamai Jasa Pelayanan Pabrik (JPP).

Baca Juga: Petani Menjerit, Harga Pupuk Melambung Tinggi di Dharmasraya

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta, menjelaskan JPP adalah untuk pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim. Tugas utamanya adalah memastikan bahwa operasional pabrik dapat terus berjalan lancar, dengan memberikan pemeliharaan berkala bersama para engineer berpengalaman, hingga fabrikasi suku cadang permesinan secara mandiri.

“Selain tugas utama memastikan laju operasional pabrik, kemampuan fabrikasi dan pengalaman teknis yang dimiliki unit kerja, JPP Pupuk Kaltim juga menyimpan potensi bisnis yang tak luput dikembangkan oleh Perusahaan. Kami mencanangkan JPP sebagai Strategic Business Unit dan mengkomersilkan layanan kepada industri dan perusahaan lain yang membutuhkan,” terang Hanggara.

Baca Juga: Kejati Riau Limpahkan Kasus Pupuk Oplosan ke Kejari Kampar

Pengembangan JPP sebagai Strategic Business Unit dapat dilaksanakan karena kebutuhan perawatan pabrik internal Perusahaan dapat direncanakan dan dikelola. JPP dapat memberikan layanan komersial seputar perancangan dan pembuatan suku cadang serta peralatan pabrik, serta jasa pemeliharaan dan perawatan pabrik bagi perusahaan dari berbagai industri.

Pengalaman JPP Pupuk Kaltim yang mumpuni sejak 1992 dalam pemeliharaan pabrik-pabrik Pupuk Kaltim membuat Perusahaan tidak memerlukan proses pengadaan suku cadang dari pihak dari luar Perusahaan. Pengalaman tersebut juga turut membuat JPP Pupuk Kaltim mampu memberikan standar tinggi dalam jasa fabrikasi suku cadang dan pemeliharaan pabrik.

Suku cadang yang dipesan ke JPP dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan pemesan, dengan
menggunakan proses CNC yang menghasilkan produk suku cadang yang berkualitas tinggi dengan standar sertifikasi nasional ISO 90001, maupun sertifikasi internasional dari TUV Rheinland.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Nataru

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:02 WIB

XL Axiata Perluas Layanan di Sumatra

Selasa, 30 November 2021 | 15:49 WIB

Harga Cabai Hingga Kentang Turun Berjamaah di Padang

Selasa, 30 November 2021 | 10:30 WIB

JD.ID Jual Spark 7 Terbaru dari TECNO

Senin, 29 November 2021 | 17:00 WIB
X