Lion Parcel Dorong Penerapan Praktik Bisnis Berkelanjutan

Rahma Nurjana
- Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:41 WIB
Dok Lion
Dok Lion

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lion Parcel (PT Lion Express), perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, hari ini kembali menekankan komitmennya untuk menerapkan praktik bisnis berkelanjutan melalui peresmian kerja sama dengan produsen motor listrik Tanah Air, GESITS (PT Wika Industri Manufaktur). Melalui kerja sama ini, Lion Parcel menjadi perusahaan logistik pertama di Indonesia yang mengimplementasikan penggunaan motor listrik dalam proses pengantaran paketnya.

Kerja sama Lion Parcel dengan GESITS ini merupakan salah satu langkah dalam mewujudkan rencana besar Lion Parcel untuk menjadi perusahaan logistik yang lebih ramah lingkungan, di mana melalui penggunaan motor listrik diharapkan dapat turut mengurangi polusi udara dan emisi karbon yang lebih tinggi dihasilkan oleh motor listrik konvensional. Penggunaan motor listrik pun diyakini dapat meningkatkan efisiensi dalam operasional Lion Parcel sebagaimana biaya perawatan motor yang cenderung lebih murah dan mudah, serta tidak adanya biaya tambahan untuk bahan bakar. Selain itu, inisiatif Lion Parcel ini pun menunjukkan dukungan perusahaan terhadap visi pemerintah Indonesia dalam mengembangkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia, dengan proyeksi 13 juta motor listrik mengaspal pada tahun 2030 mendatang.

“Kami senang dapat secara resmi bekerja sama dengan PT WIKA Industri Manufaktur selaku produsen motor listrik GESITS dalam mewujudkan visi besar perusahaan untuk membawa inovasi dan solusi ramah lingkungan dalam industri logistik Indonesia. Penggunaan motor listrik ini tentunya juga akan membawa banyak perubahan positif dalam segi operasional kami, dan menjadi bentuk dukungan nyata kami terhadap perkembangan produk nasional buatan karya anak bangsa. Melalui implementasi penggunaan motor listrik pada proses pengantaran paket Lion Parcel, kami turut mendukung visi pemerintah dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan berharap dapat membawa perubahan positif bagi lingkungan, menerapkan praktik bisnis yang lebih berkelanjutan, serta berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon,” ungkap Chief Executive Officer Lion Parcel, Farian Kirana sesaat sebelum prosesi peresmian kerja sama dilakukan.

Turut hadir dalam acara prosesi peresmian kerja sama sebagai Tamu Kehormatan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia tahun 2016-2019 Eko Putro Sandjojo menyatakan antusiasmenya terhadap kerja sama ini dan menyatakan.

“Kami mengapresiasi inisiatif Lion Parcel yang turut mendukung produk buatan dalam negeri seperti GESITS. Sebagaimana Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam produksi kendaraan listrik, kami yakin kedepannya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia akan semakin berkembang. Dengan visi yang sama untuk menciptakan dampak yang lebih baik terhadap lingkungan, kami yakin, baik Lion Parcel dan GESITS dapat menjadi pemain industri terdepan yang terus berinovasi dalam praktik bisnisnya guna mewujudkan solusi kendaraan ramah lingkungan ini,” katanya.

Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), M. Samyarto mengatakan, sebagai manufaktur dan principal motor listrik GESITS, tentunya kami siap mendukung Lion Parcel untuk mengimplementasikan praktik bisnis berkelanjutan sebagai bagian dari kontribusinya dalam menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik. Selain itu, dengan sinergi bersama, menjadikan Lion Parcel sebagai role model bagi perusahaan-perusahaan lainnya dalam mendukung ketahanan energi nasional, dengan mulai menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Kerja sama Lion Parcel dengan GESITS juga sejalan dengan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan praktik bisnis yang lebih berkelanjutan di industri logistik Tanah Air. Ragam inovasi dan inisiatif berkelanjutan juga telah dilakukan oleh Lion Parcel untuk mewujudkan visi ini, seperti memperkenalkan penggunaan kardus plastik ramah lingkungan yang lebih tahan lama & bisa didaur ulang kembali sebagai upaya dalam mengurangi sampah kardus karton. Selain itu, Lion Parcel juga tengah melakukan penyempurnaan proses manajemen sampah untuk memaksimalkan pendaurulangan barang-barang esensial dalam industri logistik seperti kardus, kertas, hingga bubble wrap. Ke depannya, Lion Parcel akan terus secara bertahap mencari peluang baru untuk terus meningkatkan praktik bisnis yang ramah lingkungan. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

Siang Ini Rupiah Melemah ke Rp14.447 per USD

Senin, 6 Desember 2021 | 12:40 WIB

Boyband BTS Raup Rp483 Miliar dari Konser di Amerika

Senin, 6 Desember 2021 | 06:00 WIB

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Nataru

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:02 WIB

XL Axiata Perluas Layanan di Sumatra

Selasa, 30 November 2021 | 15:49 WIB
X