7 BUMN 'Sekarat' Segera Digulingkan Erick Thohir, Salah Satunya PT Kertas Leces

Milna Miana
- Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:52 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil proteksi atau pengamanan terhadap perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kondisi keuangannya sudah sekarat.

Jokowi tak ingin proteksi itu terus diberikan kepada perusahaan pelat merah yang sudah 'kronis' tersebut. Hal ini karena menurut Jokowi bantuan itu akan membuat BUMN menjadi 'manja'.

Baca Juga: Erick Thohir Apresiasi Pemberdayaan Ratusan Anak Penyandang Disabilitas Binaan PLN di Bandung

Pasalnya, setiap kondisi keuangan sedang tidak stabil, kas negara harus turun tangan untuk memberikan penyertaan modal negara (PMN).

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi saat memberikan arahan kepada para Direktur Utama BUMN di Kabupaten Manggarai Barat, yang disiarkan dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu kemarin (16/10/2021).

Baca Juga: Optimalkan Halaman Masjid Jadi Lahan Pertanian Modern, Erick Thohir Puji Terobosan PLN

"Kalau yang lalu-lalu BUMN-BUMN-nya terlalu keseringan kita proteksi, sakit tambahi PMN, sakit suntik PMN. Maaf, terlalu enak sekali," ujarnya dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (17/10/2021).

Jokowi menilai pemberian PMN yang terjadi selama ini mengurangi nilai-nilai yang ingin dibangun oleh negara terhadap perusahaan pelat merah yang berada di bawahnya. Misalnya, nilai kompetisi yang membuat BUMN tak berani untuk bersaing. Kemudian, mengambil risiko hingga nilai profesionalisme yang tak dijalankan.

Oleh karena itu, Jokowi memerintahkan kepada Menteri BUMN Erick Thohir untuk menutup perusahaan pelat merah yang tidak efektif.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Nataru

Jumat, 3 Desember 2021 | 20:02 WIB

XL Axiata Perluas Layanan di Sumatra

Selasa, 30 November 2021 | 15:49 WIB

Harga Cabai Hingga Kentang Turun Berjamaah di Padang

Selasa, 30 November 2021 | 10:30 WIB
X